Bagaimana Prosedur Mengurus Kartu Keluarga dan KTP?

Alhamdulillah hari ini KK dan KTP saya dan istri sudah jadi. Bagaimana sih prosedur dan biayanya? Mungkin apa yang saya sampaikan ini berguna buat yang akan mengurus Kartu Keluarga terutama yang baru memulai rumah tangga baru seperti kami berdua (baru 9 bulan :D).

Surat Pindah

Karena saya berasal dari luar Solo (Klaten) dan ingin pindah ke Solo, maka saya harus mengajukan surat pindah dulu dari Klaten. Prosesnya kira-kira sebagai berikut (karens saya diuruskan oleh Bapak) adalah:
1. Pengantar RT berupa keterangan pindah
2. Pengantar dari Kelurahan berupa keterangan pindah dengan syarat no 1
3. Dari kelurahan (kecamatan??) asal, akan dibawakan surat pindah untuk kelurahan dan kecamatan tujuan


Pengantar RT

Saya dan istri saya sementara menggunakan alamat orang tua di Solo, maka perlu mengurus pengantar dari RT untuk pemecahan dan sekaligus pembuatan KK baru serta pembuatan KTP baru.
Pengantar dari RT ini selanjutnya dibawa ke Kelurahan dilengkapi dengan KK Asli yang akan dipecah + fotokopinya, fotokopi surat nikah, dan foto hitam putih, serta surat pindah.


Pemecahan dan Pembuatan KK Baru

Jika sudah mengelola rumah tangga sendiri disarankan untuk memiliki KK sendiri dan tidak ikut dengan orang tua, istilah ini disebut dengan pemecahan KK. Pemecahan ini dilakukan dengan cara mencoret/menghapus anggota keluarga yang akan masuk ke KK baru (dalam hal ini istri saya), kemudian membuat KK baru untuk orang tua dan KK baru untuk saya yang di dalamnya cuma ada nama saya dan istri. Anak belum lahir, bentar lagi neh. Doakan ya semoga lancar.

Di kelurahan diminta untuk mengisi form sebagai isian untuk pembuatan KK baru dan KTP. Setelah semua proses pengisian selesai, maka ada berkas yang dibawakan oleh kelurahan untuk disampaikan ke kecamatan.

Di kecamatan juga diminta untuk mengisi beberapa form dan membayar Rp 5.000 untuk setiap dokumen yang akan dicetak. Tidak semahal dan serumit apa yang disampaikan oleh Priandoyo di postingnya.

Saya membayar Rp 20.000 untuk mencetak:
1 KK Baru untuk saya
1 KK Baru untuk orang tua karena KK-nya dipecah
2 KTP Baru untuk saya dan istri

Proses menunggunya adalah 15 hari kerja, atau kata pegawainya kalau mau cepet juga bisa :D tapi bayar lebih. Setelah KK jadi, kemudian saya tanda tangani sebagai kepala keluarga dan diberi cap oleh kecamatan.

Selesai.

Karena ada kesalahan dalam penyingkatan nama istri saya (sepertinya petugas entry menyingkat atas asumsinya sendiri), maka saya harus mengajukan revisi KK dan KTP istri. Membayar Rp 5.000 dan menunggu lagi 10 hari :D

Hari ini saya ambil hasil revisian KK dan KTP. KK sudah beres, KTP dicari-cari tidak ketemu. Mungkin karena terselip atau belum dicetak. Nunggu 15 menit sambil nulis sebagian posting ini, dan KK + KTP sudah di tangan.

Alhamdulillah, semua sudah beres sekarang. KK baru, KTP baru.. :D

Catatan: Lokasi pengurusan di Kelurahan Jebres dan Kecamatan Jebres – Solo. Di tempat lain, harga mungkin beda.

About these ads
Ditulis dalam Daily. 77 Comments »

77 Tanggapan to “Bagaimana Prosedur Mengurus Kartu Keluarga dan KTP?”

  1. priandoyo Says:

    wah mas arief, ternyata prosesnya mudah sekali yah. jadi ngiri :( hiks hiks

    btw skrg wordpress dah bisa snap preview gitu yak.. keren

  2. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    Iya mas Pri. Memang mudah. Dulu bayangan saya juga bakalan rumit ngurus KK ma KTP sendiri, eh ternyata ga susah-susah banget. Asal semua syarat sudah siap ga perlu bolak-balik Pindah ke Solo aja, jadi auditor di sini :)

    Loh, baru tahu ya kalau bisa snap? Keren, tapi updatenya per-apa ya? hari, minggu, bulan?

  3. Kang Kombor Says:

    Kang Riefsa (nama aseliku arif juga), kalo di Solo nggak bisa nembak KK dan KTP yah? Hihihi, iseng saja nanya…

    @Priandoyo: pratilik snap di kombor.com terpaksa dimatikan karena bukan membantu malah mengganggu.

  4. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    Hehehe… klo tembak menembak sepertinya di semua hal yang berurusan sama layanan publik bisa deh :D

    Pas di kelurahan ada mahasiswi yang mo ngurus KK + KTP, katanya buat cari kerja. Staff kelurahan nawarin, kalau mau cepet bisa sekitar seminggu bayarnya Rp 50.000. Dan si mahasiswi itu bilang: “Ya ga apa apa kalo begitu”. Keluarin duit dan bayar.

    Snap juga saya matikan. Mengganggu..

  5. Sutrisno Says:

    Saya ingin tahu masalah Kartu Keluarga?KK
    Pengalaman saya Kartu keluarga itu sering ganti2 format, dan sistem penomoran. Yang terakhir ini kartu keluarga yang katanya penomorannya unik secara nasional.
    Pertanyaan saya :
    Apakah kalau KK yang dimiliki masih format lama, harus mengurus KK yang baru, walaupun tidak ada perintah mengganti KK dari RT/RW

    Terima kasih
    Sutrisno

  6. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    Halo Pak Sutrisno,

    Begini Pak, sekedar cerita saja. Saat saya mengurus KK kemarin kebetulan ada seorang ibu yang ingin mengganti KK-nya. Oleh pegawai kelurahan ditanya alasan kenapa kok ganti KK. Saya tidak mendengar jelas alasannya, tetapi si pegawai kelurahan bilang kalau KK hanya diganti jika masa berlaku habis atau ada pemecahan KK atau ada penambahan anggota keluarga ke dalam KK, misal adanya kelahiran bayi di dalam keluarga.

    Jadi menurut saya tidak perlu mengganti KK kalau tidak ada beberapa kejadian di atas itu. Kalau mungkin Bapak masih tidak yakin, saya sarankan Bapak datang saja ke kelurahan.

    Begitu Pak Sutrisno. Semoga membantu ya.

    Salam.

  7. jono Says:

    wah kalau anda anda punya istri oarang indonesia …. semua bisa di atur .coba punya iatri bule kaya saya, mau cari kk saja harus banyak masalah di kecamatan juga di immigrasi .sedangkan kedua instansi itu tidak sinkron aturannya, misal mau ngurus kk harus ada ‘KITAP’ sedang untuk dapat kitap harus punya ‘KITAS’ dulu dll jadi kalau cuma 50 rb itu belum seberapa……he…..he…..

  8. Natja Says:

    Tapi baru-baru ini saya mo ngurus KK n KTP baru, diminta surat keterangan pindah n SKCK segala dari alamat asal.
    masalahnya tempat asal saya jauh.
    hehehhe…punya draft surat keterangan pindah dari kelurahan ga?
    bagi-bagi dong…..

  9. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    @ Natja
    Kalau draft surat keterangan pindah rumah, saya tidak punya. Dulu formulirnya dapat dari kelurahan. Tidak usah membuat sendiri.
    Dari hasil googling, ada beberapa yang membutuhkan SKCK ada yang tidak tergantung PERDA-nya. Di Solo, tidak perlu SKCK. Di Jakarta perlu SKCK.
    Coba kunjungi link berikut ini:
    http://kependudukancapil.jakarta.go.id/index.php?content:read&o=42.

    Semoga membantu ya..

  10. BebeQ Says:

    mas…mo nanya + minta bantuan :D…aku bisa minta format surat pindah tempat tinggal nya yagh?…soalnya kalo dt4 aku berbelit belit….
    salam kenal buat dede’ kecil sama istri…
    mudah2an langeng selalu…AMIEN[-<o

    thanks banget yagh mas….
    am waitin’ 4 u’r repp….

  11. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    @ BebeQ
    Waduh, maaf sekali saya tidak mempunyai draft-nya. Saya memperoleh semua form dari kelurahan dan tidak membackup-nya. Form ini dimasukkan dalam amplop dan ditujukan kepada lurah dan camat tempat pindah.
    Coba dulu ke kelurahan terdekat, minta surat pindah, tetapi sebelumnya musti ada syarat-syarat yang dipenuhi. Misalnya pengantar dari RT untuk mohon pindah.
    Maaf sekali tidak bisa memberikan draft-nya, karena memang tidak punya.

    Terima kasih dan salam kenal kembali dari kami.

  12. didik wijayanto Says:

    kayaknya emang disengaja deh nulis di kk ato ktpnya salah supaya dapat penghasilan tambahan.
    pikiran positifnya emang pegawainya ndak jago ngetiknya heheheee

  13. yocki Says:

    waduh, kok KK dan KTP nya jadi bersamaan ? kok punya saya enggak y ? KTP sudah jadi, tapi KK nya belum. Katanya harus bayar lagi utk ngurus KK. (Padahal saya sudah mbayar 160rb utk ngurus KK dan KTP utk 2 orang). KTP sudah jadi dlm waktu 1mgg.

    saya pindah dr Sidoarjo ke Bogor (kelurahan tegallega, kec bogor tengah).

    Apa perlu lapor ke Ombudsman y?

  14. Anna Yunanda Says:

    mas Arief, punya info teman/kerabat di Solo yg bisa bantu ngurusin KTP Solo ga? kamsudnya nembak geto. Soalnya saat ini saya di Kalimantan, dan sptnya aga susah untuk kesana, padahal ada urusan penting yg harus mengunakan KTP Solo nih.., pliss help me. thanks

  15. Anna Yunanda Says:

    Mas.., punya info teme/sodara yg bisa bikin KTP SOLO gak ( nembak kamsudnya heheh). perlu banget nih

  16. Alika Says:

    kenapa yah di daerah lain pengurusan KK dan KTP begitu gampangnya, tapi tidak dengan yang saya alami.
    di medan sendiri untuk pengurusan KK dan KTP baru biayanya sangat mahal dan bervariasi. saya sendiri kena biaya 500 ribu hanya untuk selembar kertas. padahal selalu saya dengar bahwa pengurusan kartu tsb sama sekali tidak dikenakan biaya. pengen banget rasanya protes, mereka fikir nyari duit itu gampang apa????? dasar koruptor

  17. hardionsky Says:

    ha haa….
    birokrasi rumit, ujung2 nya duit ..
    gw baru mo ngurus KK baru. urusan ame orang dinas kependudukan. Dia bilang syaratnya kurang …
    Ujung2 nya dia bilang butuh dana untuk ngurus semua. Dia minta 300.000,-
    ha haaa….

    • freeya Says:

      saya hr ini baru selesai bikin KTP jkt.

      sebenarnya surat2 saya dari daerah sudah lengkap,cuma saya pusing dg birokrasi yg berbelit2.
      akhirnya dpt solusi ‘jl pintas’ dr org kelurahannya.
      tinggal bayar 350rb,udah terima beres.

      • stefanny Says:

        saya juga lagi mengurusi kk dan ktp baru ,,pindahan dari tangerang ke jakarta selatan..saya ditanya mau cepat atau jalur biasa,,,daripada dipersulit akhirnya bayar 250rb,,,tapi udah hampir 3 minggu belum selesai,,,bisa dibayangkan kalau saya pake jalur biasa bisa setahun baru beres kali,,,,

  18. Toyo Says:

    Terkdng persyaratan perpnjang KTP Itu mdh byar murh, tpi faktanya beda msk udh byr parkir, byar formulir, byar pgawainya, kg lancar byrlgi truss uang rokok ah ky’y
    Rp. 75.000,- ky’ sgini wah kg makn nih
    Drita amat anak kosan. Gmana nih…

  19. binyun Says:

    bener kan budaya korupsi gak bakalan bisa ilang..wong “bawaan lahir” + “Kutukan Dewa” susah dihilangankannya

  20. aku Says:

    wah kalau di jakarta butuh uang 500 ribu buat ktp plus kk jadi dehhh

  21. Richard Says:

    Mas… Mau tanya! Orangtua istri saya mau buat KK baru tapi kok keterangan orang kelurahan bahwa istri saya tidak akan masuk dlm KK orangtuanya. Yg mau saya tanya apakah anak yang sudah menikah tidak akan masuk dlm KK orangtuanya…(klo tdk masuk berarti ga di akuin dong!!!)

  22. salfreda Says:

    wah.. enaknya..

    saya jg mau buat pindahan KK dan KTP istri saya..

    saya tel kepling yg bersangkutan… Saya benar2x terkejut, dia meminta Rp 800,000 untuk kepengurusan tersebut. Menurut saya, ini keterlaluan sekali.

    Tersilat di pikiran kalau saya akan mengadu ke http://www.kependudukancapil.go.id

    tapi orang tua saya menghalangi saya, karena kuatir perpanjangan KTP akan dipersulit.

    Begitukah?

  23. Bagoes Says:

    kalau seandainya kita kerja di luar pulau n gak nikah trs ngontrak, apakah bisa bikin KK sendiri???

  24. grace Says:

    THANKS BUAT INFO NYA MAS,

    Saya pgn nanya, yg dibutuhkan dari kota asal, apakah hanya surat pindah saja? ktp asal nya dibutuhkan juga ga? soalnya ktp asal saya sudah hilang. akhirnya saya pun malas mengurus ktp baru n KK. tp mau ga mau harus diurus, makanya mo cari2 info dulu ne.
    thanks

  25. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    Waduh, tidak tahu ya mas untuk persyaratan terbaru saat ini. Karena ini posting tahun 2007. Tetapi seingat saya, KTP di tempat asal sudah tidak diperlukan lagi karena sudah ada surat pindah. Mungkin salah satu syarat surat pindah ini ya KTP asal :D

  26. casmita Says:

    kalo belum punya istri boleh gak buat KK?? soalnya say abaru punya KTP’y dan saya butuh KK untuk ngambil KPR

  27. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    Nah, kalau itu sebaiknya ditanyakan ke kelurahan atau kecamatan. Sepertinya bisa dengan cara memecah KK lama (ortu) dan mas punya KK sendiri, tapi coba tanyakan saja mas..

  28. rozi Says:

    wah sekrang memang budaya suap sudah meraja lela
    saya sendiri ngurus surat pindah, baru mau cabut dari tempat istri saya ribet banget, sudah 3 kali ortu saya ambil sendiri di kecamatan dibilang komputernya masih rusak, anehya setelah diambilkan oleh orang lain(makelar) sudah selesai ya tau sendiri yang namanya makelar pasti ujung2 duit, setelah selesai yang dari kecematan masih harus ke dinas kependudukan & catatan sipil (daerah istri) itu yang bikin saya kesel, tidak seperti saya dulu cukup dari kecamatan sudah dibuatkan surat pindah tempat. memang benar sih hidup saat ini kalua kita mau jujur apa2 urus sendiri kendala di administrasi pemerintahan dibuat ribet seolah-olah budaya suap sudah menempel di rakyat Indonesia salah siapakah ini Pemerintah atau manusianya, memang Q sadari jiwa Patriotisme orang2 sekarang sudah tinggal sedikit ada yang bilang masalah ekonomi lah apalah (untuk memperkaya diri sendiri). Nah kalu sudah begini ini jangan salah kan Tuhan kalau musibah dimana2. mari kita Jujur & membangun jiwa patriotisme untuk jiwa diri kita sendiri agar Indonesia bisa Merdeka seutuhya, Merdeka Merdeka Merdeka Indonesia sutuhnya Amin.

  29. Sherly Says:

    Hi, Saya mau tanya ya. Nama saya tercatat dalam KK kakek saya di Jakarta Barat. Saat ini kakek saya yg sudah putus hubungan dengan ibu saya menolak untuk kasih KK asli ke saya buat acara pencoretan nama saya buat pindah ke KK ibu saya. Saat ini umur saya sudah 27 tahun. Pertanyaan:
    1. Ada cara lain biar saya bisa urus pencoretan nama saya dari KK kakek saya gak?
    2. Apakah saya bisa langsung ke lurah di daerah kakek saya buat mengurus? Secara hukum, nama saya tdk seharusnya tercantum disana kalau saya sudah puluhan tahun tidak tinggal di daerah setempat.
    Sebelumnya terima kasih atas bantuannya.

  30. wisnu Says:

    di mana tempat pembuatan kkdan ktp.apa syaratnya

  31. sri tanjung Says:

    suami sy punya ktp solo.skrang kmi tinggal di sumut.nah untuk ganti ktp syaratnya apa ya pak?trus sebelum nikah suami sy da punya kk sendri.jd tuk pembuatan kartu keluarga baru gimana …Y.trims…y

  32. no name Says:

    asal ada duit semua bisa mudah….
    apalagi urusan di jakarta ,baru sekali ini ngurus KK dan KTP seharga 450rb gila nggak,seperti ngurus SIM ajja….

  33. agung Says:

    mau tanya, saya ingin membuat kartu keruarga untuk istri saya yang ke dua, bisa atau tidak ya? terima kasih.

  34. Dedy H Says:

    Wah..kalo di t4 Sy (Kel. Sungai Sapiah Kec. Kuranji Kota Padang 25159) lebiih parah. Sy ngurus KK+KTP dari tahun 2009 dgn melampirkan syarat lengkap (termasuk surat pindah domisili dari Kel. yg lama). KTP nya keluar 10 hr (sebelum gempa besar 30 September 2009). Nah yg KK nya sampe tahun ini (2011) ini blm kelar jg. Bbrp hr yg lalu gua balik lg utk yg ke 5 x nya, pihak oknum Kelurahan msh minta kelengkapan surat pindah dari Kel. yg lama. Lucu ga..tuh? Kami kan dah mencabutnya dulu (thn 2009) saat meminta surat pindah. Gimn Kel. yg lama mau mengeluarkan surat pindah domisili lg??? Atau kata oknum tsb. lg, jalan pintasnya 35rb agar si oknum bisa membantunya. Sy menyanggupi tp sy bayar setelah KK nya keluar krn dulupun (thn 2009) sy dah mengeluarkan 20rb tanpa hasil. Si Oknum ga mau tau alasannya, pokoknya bayar dimuka krn katanya buat ongkos dia ngurusin itu ke Kecamatan Kuranji. Singkat cerita KK sy sampe skrg blm jd.

  35. TB.D.Y.al-Bantani Says:

    masyarakat kecil engan ngurus identitas diri didaerahnya masing2,masalahnya mungkin tidak terjangkau oleh ekonominya,jamane wong edan,ada uang dimudahkan,gak ada uang dipersulit.aparate meneng2 bae,tp pengen ngerasa bener sendiri.INALLILAHIWAINAILAIHI ROJIUN.

  36. M.mathlubillah Says:

    saya pengen tau seperti apa formulirnya saya mu bikin kk nih saya awam banget maklum baru kali ini tolong dong kasi contoh!

  37. SINTA Says:

    Bagus donk,pak?saya mengurus kk sdh 6 bln dan bayar sebesar RP 600rb.sampai skrg blm selesai?bgmn itu yach,pak?

  38. dicky Says:

    saya mau nanya pak klo bikin kk kan hrs ada surat pindah klo dr luar kota apa aja ya,contoh saya org lampung istri saya org banyumas gmn cara ya??????

  39. nhina Says:

    bagaimana prosedur klo misalx mo ngurus KK baru,,,cozx aQ bru cerai dgn suami tp pux anak satu!!!!apa bs aQ sendiri yg jd Kepala Keluarga???

  40. nitha pele Says:

    Mas,mo tanya.
    Maksutnya surat keterangan pindah dari RT itu,dari RT mana?RT yg di klaten apa solo..
    Makasi

  41. Ronie Purwono Says:

    Agak terlalu ribet dan kurang praktis pengurusannya, pake acara nunggu 15 hari, yang ga punya waktu jadi repot, seperti yang harus dinas luar pulau dengan waktu mepet. Kalo sistem komputerisasi data nya canggih sepertinya ngga sampai satu hari jadi.

  42. wawan Says:

    Saya mau buat surat pindah dari Kabupaten Lumajang ke Malang.
    Saya tanya pengalaman teman saya ngurus surat pindah dari Kabupaten Lumajang ke Surabaya :
    Yang perlu disiapkan biar gak bolak-balik :
    – foto cetak 3×4 = 7
    – fotocopy ktp 7
    – fotocopy kk 7
    – fotocopy skck (Foto untuk ngurus SKCK 4×6 = 4)

    Alur :
    Di Lumajang :
    – Ke sekretaris desa dulu tanya apa saja yg dibutuhkan
    – Membuat SCKC untuk keperluan pindah
    Di Malang :
    – Minta surat pengantar ke RT dan RW
    – Menyerahkan berkas (PBB, listrik, pdam, berkas realisasi rumah maklum kredit hehe, akte,
    ijazah terakhir, foto 3×4=1) ke kelurahan
    – Dari kelurahan dapat surat yang harus ditandatangani RT, RW dan pimpinan perusahaan tempat kerja
    dan diserahkan lagi ke kelurahan, menunggu 1 hari
    – 1 hari kemudian mengambil berkas di kelurahan untuk ditaruh di kecamatan, menunggu 1 hari
    – 1 hari kemudian mengambil berkas ke kecamatan untuk dibawa ke dispenduk di serahkan ke bagian pelayanan
    (bawa map merah muda 2), menunggu 3 hari
    – 3 hari kemudian mengambil data di dispenduk dan diserahkan ke kelurahan,
    trs ditaruh di kecamatan, nunggu 1 bulan… dan teman saya sekarang prosesnya sampai sini, jadi cerita belum selesai…hehehe

    Setiap kegiatan : jangan lupa membawa 4 amplop yg dari lumajang + skck asli.

  43. yunussofyan Says:

    itu kena dana berapa kira2 soalnya saya juga lgi ngurus ne buat kk sma ktp? mohon jawabanya terimakasih

  44. fenny Says:

    apa yg di jelaskan semuanya terasa gampang buat yg asli WNI, kalau buat WNI keturunan, ktp aja byr 100rn/org, belum lagi kk, bisa jutaan harga nya.. itupun belum tentu tepat waktu

  45. vana chan Says:

    hai…….all……mau tanya nic……….kl mau buat KK kan mesti ada surat nikah, bapak saya ngak punya surat nikah, kalo mo buat uda 65 thn, jd all apa memang harus pakai surat nikah atau ada cara laen ?
    ada yg tau all….minta solusi nya.
    thank’s

  46. kimasta Says:

    Thanks banget mas tutorialnya…
    saya mo buat KK baru wekek….

  47. Arvin Says:

    Mas, apa suami istri haru sbwt KTP baru ?

    saya sudah ada KTP tangerang, trus istri saya dari bgr..
    apa cukup istri saja yg bwt KTP atau saya juga harus buat baru ?

  48. zukatsuzuka Says:

    wah gampang yah bikin nya… tapi terkadang di beberapa daerah ada oknum2 yg mempersulit dan meminta biaya yg tinggi… :(

  49. lestari Says:

    harga kartu keluarga 200.000 ribu
    gimana dengan kita warga tak mampu..

  50. melisa Says:

    saya sejak kecil sudah ditinggal ortu, lantas saya selalu berpindah2 tmpat..
    kadang ditempat sodara yg ini, kdang yg itu..
    masalahnya..
    dri dulu itu saya gk pernah terdaftar dikartu keluarga manapun di antara sodara2 saya…
    skrg saya yg jadi ny kesusahan…
    mau buat ktp gk bsa…
    mau urus kartu kluarga tpi ada2 aja lah alasan lurah sana…
    dsuruh mnta dari kelurahan yang lama..
    boro2 kelurahan lama, terdaftar dari orok pun kagak..
    benar2 diberatkan,..
    bisa gak ya saya buat KK atas nama saya sndri..
    saya jd seperti warga iLegal yg gk punya KTP ataupun KK..
    dn untuk urus2 yg lain misalnya sim,atau buka tabungan pun jadi gak bisa..

    kasih tau saya ya kalau ad cara yg gk mmberatkan
    mkasih sbLumnya..

  51. David Says:

    Salam …sama man%,qu juga mau ngurus ktp nd kk,,,soalnya ku bru nikah.ni bru ja siap surat pindahnya dah ntu nanti prgi ke rt,rw,lurah,kecamatan,,nd bla,bla,bla,,,blum lg dananya alias fulusnya.hmm,,,,?ia klu prosesnya cepet.gmna kalau jlnya sprti keong??
    (ntar ja deh,alon2 asal kelakon¿¿¿)

  52. mashood Says:

    aduh padahal maucari tugas caranya buat kk dan ktp

  53. kartika Says:

    Saya bikin kk sendiri kok susah bgt ya, pak rtnya minta uang 250rb untuk biaya bikinnya, n kemungkinan itupun masih kurang, karna saya ga punya waktu utk ngurus sendiri, n dah 2 minggu ini, kk saya blom jadi juga.. Kenapa kok rasanya dipersulit sekali ya,, bikin kesel!!!

  54. astri Says:

    berarti tak mahalo ya…. Mz bos. kira2 udh me mnikah 2thn malaise me bt Kk sekrg kna Denda g ya?tq

  55. awang Says:

    kalo aku kayaknya juga susah tuch ,ni udah satu bulan kok belum jadi pokoke urusan birokrasi iku angel, tak dongakno oknum sing mempersulit besok matinya juga dipersulit sama ALLAH

    • Nurwahid Says:

      Awang@ nasib nya sm kaya saya mas….malah saya sdh 4bln….blm jadi jg….waktu itu sy di minta uang 50rbu….eeeeee gk lm tu ada tetangga lhiran bru setengah bulan kk nya dah jd….pas di tanya nembak (nyuap)200rb….emng oknum2 yg ky gini tu hrs d laporin……??? tp laporin nya kmn ya mas awang….???? salam knal dr sy Nurwahid (cikupa tangerang)

  56. ipoel Says:

    klo ngurus kartu kluarga ap hanya sampai kcamtan, atau harus sampai ke dispenduk capil kbupaten?? tlong djwab bos, lgi btuh bgt bntuan, coz hbz nikah n anak udah lair, jd mau pisah kk dri ortu,, thx
    ipoel.

  57. niken Says:

    Untuk revisi KK’nya itu di kecamatan atau di capil ya?trimakasih :)

  58. nur aziz Says:

    saya telah menikah sejak awal bbulan februari2008 dan telah mempunyai kk sendiri,tapi hilang .dan suami juga tidak mempunyai ktp,sedangkan kami akan bercerai,apakah perlu saya mengurus kk terlebih dahulu untuk syarat perceraian .kami sudah pisah ranjang sejak 2010 .dan sudah tdk mungkin rujuk kembali trimakasih

  59. mitra Says:

    Murah banget,,
    Saya asli org palembang,trs suami sy dipindahkan tugas di surabaya,,,saya kan mau ikutin nama anak saya di kartu keluarga teman nya suami karna sy disurabaya sy blm punya kartu keluarga sendiri,.tp sy dipinta uang sebesar 450 ribu,,,, sy mau tnya apakah sebesar itu harganya kalau kt ikutin nama anak kt di kartukeluaga teman kt? Tolong dong info teman teman,,,saya skrg tinggal di surabaya kota. Tx mitra

  60. wong cilik Says:

    aq buat kk dipersulit sampai 1bulan lebih,, alasannya ada ajja,, tp tetap aq sabar,, gk ngurusi mreka minta ini itu biar bisa cpet,, buktinya selesai juga wlw lambat,,
    gratis tis tnpa embel2

  61. lia jaim Says:

    info nembak kk ma bku nikah dong, ribet ni ngurus nya plis, info 085712368224

  62. denycarelsene Says:

    dimana cara bikin kk tidak di kenakan biaya…
    soal.xa ibu saya bikin kk di kapung saya di kenakan biaya 3JT

  63. denycarelsene Says:

    dimana cara bikin kk tidak di kenakan biaya…
    soal.xa ibu saya bikin kk di kapung saya di kenakan biaya 3JT

    turus saya cari duit segitu darimana…….
    sedangkan kluarga saya orang gag mampu
    dan juga hidup di bawa kolong jembatan..????

  64. agung Says:

    wah knpa ya di tempat saya revisi e-ktp sulit .lambar

  65. bekti suroso Says:

    tanya nih yang sudah pengalaman…

    mau ngurus KK baru, apakah istri juga harus ngurus surat pindah??
    soalnya kemaren minta tolong diurusin surat pindah,
    tapi di persulit sama orang tua istri (ada masalah internal).
    trims

  66. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    Kalau tinggal di alamat yang sama, setahu saya ga perlu ngurus surat pindah. Cukup mecah KK saja, dari KK ortu bikin KK sendiri, tapi alamat sama. Jadi nanti satu alamat rumah 2 KK, ga masalah.
    Nanti kalau mo pindah, kan KK-nya sudah beda mas, jadi bisa urus surat pindah sendiri.

  67. I LOVE INDONESIA Says:

    biaya cetak KK,KTP el,AKTE sesuai UU Nomor 24 tahun 2013, GRATIS kalau mau jelas baca saja uu tersebut jadi kalau ada yang minta biaya merupakan PUNGLI laporkan saja ke http://sapa.kemendagri.go.id,catat nama oknum tersebut dan bukti-bukti yang ada.mari kita jadikan INDONESIA lebih baik,mulai dari diri kita


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: