Bercak Putih di Bibir, Gusi, dan Lidah Bayi

Sekitar sepekan setelah pulang dari PKU, saya menemui adanya bercak putih di bibir, gusi, dan lidahnya. Dugaan saya dan istri, ini karena sisa ASI yang bersarang di mulutnya. Kata mertua sih juga karena sisa susu. Plus si Nisa minumnya juga kuat dan tidak rewel, jadi kami berpikir memang benar ini sisa susu. Tetapi karena sepupunya Nisa juga pernah mengalami hal ini dan ternyata terkena sariawan, wah jadi was-was juga. Kalo sariawan, kan sakit kalo buat minum ASI, plus tidak ada merah-merah di bibir, gusi maupun lidahnya. Jadi kami pikir sih tidak ada apa-apa.

Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan mengusapnya menggunakan kapas. Sebagian hilang sebagian tidak. Tetapi kadang juga hilang semua tanpa dibersihkan, terus muncul lagi. Tidak puas dengan hasil ini, ya akhirnya cari-cari di Google, dan ketemu penyebabnya, yaitu sisa ASI dan Jamur Candida akibat sisa ASI yang tidak dibersihkan.

Dari milis anakku, saya peroleh informasi bahwa jamur ini bisa dihilangkan dengan obat tetes bernama “Mycostatin”. Sebenarnya di rumah sudah ada waktu dipakai untuk ngobati sepupu Nisa, tapi saya memutuskan untuk ke apotik dan menanyakan apakah ini aman untuk bayi di bawah satu bulan. Eh, ternyata di apotik dekat kantor stocknya sudah habis, malah ditawari obat lain, tidak saya beli. Ya sudah, sepulang kantor, saya mampir ke apotik Bunda, yang jadi satu komplek dengan tempat praktek dokter Sulis (SpOG yang menangani istri saya). Nah, waktu saya tanyakan kepada penjualnya, langsung ditanyai: “Bayinya umur berapa bulan Pak?”. Langsung saya jawab kalau kurang dari 1 bulan. Petugasnya langsung menyuruh saya membawa Nisa ke DSA (Dokter Spesialis Anak) dulu. Ya sudah, saya pulang saja dan tidak jadi membeli.

Hari Kamis (10/03/2007), kami bertiga (heheheh sekarang sudah bertiga, saya, istri dan Nisa).. ke PKU untuk memeriksakan Nisa berkaitan dengan bercak putih tersebut dan lendir putih yang keluar dari kemaluannya, plus beberapa pertanyaan lain yang sudah saya tulis di buku catatan. Menunggu agak lama, dan sembari menunggu, Nisa ditimbang dan beratnya sudah 3,5 kg, atau naik 0,7 kg sejak kelahirannya. Mmm… dalam 3 minggu Nisa sudah tambah gemuk. Lihat fotonya di sini.. Gemuk kan?

Pak Dokter datang. Namanya dr. Subagyo, SpA, dosen di FK UNS juga, seperti dokter Sulis, SpOG dan dokter Tonang. Dua pekan sebelumnya saya sudah ketemu beliau saat mengimunisasikan Nisa. Saya sampaikan ke beliau beberapa hal mengenai Nisa, dan bilang bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan, dan semua pertanyaan yang saya tulis di buku catatan saya dijawab semua oleh beliau.

Berikut pertanyaan dan jawabannya:

Apakah bercak putih di bibir, gusi dan lidah itu adalah jamur?

Dicoba dulu dibersihkan (cara membersihkan lihat di bagian akhir posting ini), kalau tidak bisa berarti itu jamur. Tapi kalau muncul kemudian hilang, itu karena sisa ASI. Kalau jamur akan menyebabkan bayi mencret dan sariawan yang menyebabkan bayi malas minum. Tapi kalau minumnya tidak terganggu berarti tidak ada masalah. Cukup dibersihkan saja.

Bagaimana jika nanti tidak hilang jika telah dibersihkan?

Jika tidak bisa dihilangkan dan terus menerus ada, bisa dikasih obat. Tetapi diusahakan dulu dengan dibersihkan secara telaten.

(Dokter Subagyo memberi saya resep dan berpesan: “Ini saya beri resep, tetapi jangan dibelikan ya Pak? Ditelateni aja dulu.) He he he.. obatnya Mycostatin. Terima kasih dokter. Terima kasih buat mas yang di apotik Bunda.

Apakah lendir putih di kemaluan itu? Bisakah dibersihkan? Kalau bisa dengan apa?

Lendir putih ini wajar muncul untuk bayi perempuan. Cukup dibersihkan dengan kapas steril saja. Nanti lama kelamaan hilang kok.

Kalau habis minum terus bobok, nafasnya kok kayak orang pilek, kenapa dan apakah aman?

Tidak apa-apa. Nanti hilang sendiri seiring pertumbuhannya. Ini karena ada ASI yang masuk ke rongga pernafasan.

Itu daftar pertanyaan saya, dan jawaban dari dokter.

Cara membersihkan bercak putih di bibir, gusi dan lidah adalah:

Gunakan kapas yang direndam dengan air panas, biar steril. Bukan air mineral, misal Aqua. Tetapi air masak. Setelah dingin, baru digunakan untuk mengusap bercak putih tersebut.

Nah, ada cara lain yang bisa digunakan yaitu dengan membilas mulut bayi setelah minum ASI. Pernah dicoba sekali, tetapi Nisa sepertinya tidak suka. Jadi ya akhirnya ditelateni dengan membersihkannya.

Alhamdulillah, ternyata bercak tersebut karena bekas ASI, hilang dan muncul. Nisa juga tetap kuat minumnya.
Maklum, kami belajar dari nol untuk ngurus anak. Doakan ya semoga diberi kemudahan. Amin.

Pelajaran yang saya petik dari sini:

Pendapat orang lain boleh didengarkan dan diikuti, tetapi kalau kurang yakin, tanyakan kepada ahlinya :D

Semoga posting ini berguna buat Anda.

Referensi lain yang bisa Anda baca:
http://www.anakku.net/index.php?option=com_content&task=view&id=74&Itemid=99
(harus mendaftar lebih dulu)

About these ads

47 Tanggapan to “Bercak Putih di Bibir, Gusi, dan Lidah Bayi”

  1. alit Says:

    yak … makasih mas, referensinya udah ditulis dicatetan kecil [waks lupa kau kalo belon punya] :)

  2. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    Sama-sama mas. Saya senang informasinya bisa berguna.
    Saya biasa membawa catatan kecil yang saya sebut sebagai “buku pinter” kalo kerja, belanja atau ke dokter. Sangat membantu.

    Thanks for visiting. I added you to my blogroll just now.

  3. tantos Says:

    akhirnya lahir jg…, selamat yah…, mah…, jaga aku ya…., mmuach!!

  4. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    Huehuehuekhuek..
    Telat-telat..
    Thanks..

    Eh, skripsimu dikerjakan dulu.. baru online.. :D

  5. hera Says:

    anakku sekarang juga mengalami hal yang sama .. sudah 1 minggu ditelateni tapi tetap ada dan dilidah bagian belakang agak lebih tebal bercak putihnya. Rencananya malam ini akan konsultasi ke dokter karena Nadya agak rewel kalau minum susu.

  6. wishnu Says:

    saya tanya nih,…anak saya umur 7 bulan, kenapa ya kok susah banget minum susu ??? terutama susu formula

  7. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    @ Bu Hera
    Semoga segera membaik ya Bu. Bagaimana hasil konsultasinya?

  8. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    @ Pak Wishnu
    Kalau minum ASI bagaimana Pak? Kalau minum ASI-nya lancar, mungkin tidak suka dengan rasa susu formula. Lagian ASI kan lebih baik Pak daripada susu formula. Menurut saya sih kalau memang bisa diberi ASI saja, ya ASI saja Pak. Tetapi kalau mungkin mamanya harus bekerja, bisa diperahkan ASI Pak, simpan di lemari es.

    Saya beberapa waktu lalu membaca artikel di sebuah tabloid, bahwa memang kadang butuh rasa lapar supaya bayi mau minum atau makan. Mungkin tidak mau minum karena sudah kenyang atau tidak lapar, atau pingin minum ASI saja.

    Nisa juga begitu. Kalau tidak mau minum ya tidak mau. Kalaupun tidak rewel, tapi mau minum ya mau.

    Begitu Pak. Semoga membantu.
    Terima kasih sudah berkunjung.

  9. Bercak Putih di Bibir, Gusi, dan Lidah Bayi Says:

    [...] pregnancy and being a parent            Bercak Putih di Bibir, Gusi, dan Lidah Bayi Sekitar sepekan setelah pulang dari PKU, saya menemui adanya bercak putih di bibir, gusi, dan [...]

  10. beberapa tips untuk merawat bayi rdasarkan pengalaman kami merawat Nisa: « Bayikuu’s Blog Says:

    [...] memang ASI keluar, sangat amat disarankan agar bayi diberi minum ASI. Beberapa waktu yang lalu, saat periksa ke DSA (Dokter Spesialis Anak) pertanyaan dari dokter adalah “Minumnya ASI saja kan? Kalau cuma ASI berarti aman-aman [...]

  11. Kenapa Bayi Menangis « Bayikuu’s Blog Says:

    [...] memang ASI keluar, sangat amat disarankan agar bayi diberi minum ASI. Beberapa waktu yang lalu, saat periksa ke DSA (Dokter Spesialis Anak) pertanyaan dari dokter adalah “Minumnya ASI saja kan? Kalau cuma ASI berarti aman-aman [...]

  12. afie Says:

    jadi orang tua memang harus telaten…dan tidak panikan
    *saran buat diri saya sendiri.com*

  13. Rury Says:

    Thanks atas artikelnya, sebenernya saya agak terlambat mengetahui info tersebut dan sudah terjadi pada ‘Vania’ dan karena kejadian pada tetangasaya di sekitar rumah. Akhirnya Vania dibawa ke dokter dan tepat, mereka memberikan Mycostatin dan obat penurun panas

  14. sadar27 Says:

    makasih tip & infonya, smg bermanfaat bgi pembaca lainnya

  15. ayu Says:

    anaku, Raditya.. jg umurnya 11 bulan dilangit2 mulutnya, ada bercak2 putih awalnya berbentuk seperti beras muncul 1-3 buah kok lama2 menyebar ke lidah dekat dengan tenggorokan, tiap malam de2 nangis terus marah2 nenennya jg sedikit duh..kasian, dikasih air putih mlh minum terus g mau dilepas kalo dilepas nangis tp kok g sembuh sembuh ku kira cuma pertinggal su2 formula aja g taunya kata dokter jamur,..ih kok bisa ya..akhirnya kukonsulkan de2 ke dokter dan sampe sekarang msh dalam pengobatan doakan ya biar de2 sembuh..sharing itu perlu.. spy kita bisa melihat masalah dengan kepala dingin alias jgn panik..rajin2 buka blog, baca artikel mslh diinternet..salam hangat dr Ayu JUbaedi :)

  16. suwarno Says:

    terima kasih informasinya, sat ini anaku juga mengalami hal yang sama biar tak cobanya

  17. Lenny Kusumawati Says:

    Yup! emang bener, anakku yg skr masih berumur 2 mggu mulut, lidah dan gusinya juga ada bercak putih2 bekas asi. Tapi ilang tuh pake kain kasa yg aku lilitkan dijari telunjuk trus dicelupin air anget. Bersihin deh bagian yg putih2.

  18. vanisa Says:

    terimakasih infonya, sy sangat panik sekali ketika anak saya ayezha (7bln) tiba2 ada putih bulat di bibir dalam atas nya, keesokan harinya menyebar sampai ke bibir bawahnya juga dan banyak jumlahnya. Ketika sy bacca artikel ini, sy coba untuk membersihkannya dengan kapas, dan ternyata hilang semua. Alhamdulillah..
    Terima kasih sekali lagi ya atas artikelnya..

  19. eva Says:

    bayi ku juga ada bercak putih di lidah,bibir dan gusinya memang setelah minum aku bersihin cuma untuk lidah ujung susah membersihinnya pake kain kasa ,da di bersihin ngk hilang juga

  20. ita Says:

    trims ya pak atas info nya..

  21. dyah Says:

    maksih infonya berbarti banget and sangat membantu

  22. ernika Says:

    mksh infona y, bayiku juga ada bercak putihna tp msh bisa dibersihin pke kapas,smoga jgn sampe ada jamur d…g tega ngeliatnya….

  23. ari Says:

    Wahhh….
    Bermanfaat deh, pagi ini kebetulan si DEDE juga ngalamin kaya gitu.
    Tak coba deh.

    Thanks artikelnya ya

  24. ROFIQ Says:

    kenapa pada permukaan/rongga mulut, lidah pada putih
    terus di anak kalo pas di susuin selalu diam padahal kaya kesakitan, dan bawaannya tidur aja kenapa yah!!!

  25. ROFIQ Says:

    kenapa pada permukaan/rongga mulut, lidah pada putih
    terus di anak kalo pas di susuin selalu diam padahal kaya kesakitan, dan bawaannya tidur aja kenapa yah!!!

    anak saya baru berusia 10 hari

  26. Bunda Raisa Says:

    Makasih artikelnya sudah berbagi ilmu dengan yang lain, semoga anak-anak kita sehat selalu yah. Kebetulan raisa (1.5 bulan) juga gitu, baru ngeh tadi aja, trus browsing ada artikel ini..besok baru mau saya praktikkan sarannya. Maklum ini anak pertama jadi kadang panik kalo babynya nangis terus.
    Kalo ruam popok sepertinya gara2 pampers yah, karna sebelumnya raisa pakai popok ga ruam, akhir2 ini pake pampers jadi ruam, saya sudah coba pake bipanthen, tapi msih merah/ruam, ada saran..sekarang lagi dicoba ga pake pampers dulu.

  27. Mimi zia Says:

    Terimakasih, sgt brmanfaat inf0nya. Zia ankq jg say thanks jg, n ti2p slm bwt nisa..

  28. imaisfree Says:

    Kalau jamur candida ini dan juga si anak ketularan HIV AIDS dari bapaknya, bagaimana mengobati jamurnya nya?

    Info yang mungkin berguna untuk anda semua :
    Untuk menyembuhkan HIV AIDSnya digunakan Laura VCO, yaitu VCO atau virgin coconut oil yang asli dari LSM Coconut Center Indonesia atau Pusat Pengembangan Kelapa Terpadu dari Jogja. Sembuh total dengan nutrisi sekaligus obat tersebut.

  29. mama didan Says:

    didan dah satu bulan sejak d sapih tdk asi lg krn saran dokter,lidah,mulut dan dinding mulutnya putih tebal dah sy coba mycostatin sembuh dan muncul kembali,pusing bgt,..tp minumnya bagus cuma makan tim 3 hari ini tdk mau hny mau bubur susu..skrg sdg timbul lg prnh di coba bersihkan dgn kasa steril dan air hangat tp sepertinya kulitnya agak mengelupas,gmn ya mas?sy bingung.

  30. amy Says:

    Kbtln ankq, tazkia(3bln) jg ngalamin hal yg sama. Udh aq coba brshn,tp mgkn g rutin,jd gk brhsl. Intina kudu telaten y. Kndala na cuma,tazkia sering gigitin jari q pas lg ngebrsihn,gk trjngkau mpe pangkal lidahna. ada saran.?

  31. gugun Says:

    thanks saranya…
    membantu bange..th

  32. Defriani Susanti Says:

    anak saya umurnya 1 bulan, klo saya bersihin lidahnya malah jari saya yang digigit2
    kasih saran donk gimana caranya biar dia anteng n diam aja waktu bersihin lidahnya :-) makasi

  33. suroto Says:

    makasih banget infonya kebetulan anak sy jg sama kasusnya, tar dicoba deh mudah”-an bs hilang…

  34. patungpahat Says:

    informasi yang sangat bagus sekali,,,
    makasi ya ,,,

  35. furniture-jati Says:

    makasi baget informasi yang anda berikan ,,,

  36. lalanovrinda Says:

    anak saya, salmaa (7 bulan jalan 8), lahir di yaman rencana tinggal disini sampe 2 taun ke depan. semua masalah kesehatan menjadi prioritas utama disini karena kami hanya bertiga (salmaa, saya, dan suami). barusan tau 2 hari belakangan salmaa bibir dalam atas bawah dan ujung lidahnya ada bercak putihnya. googling ga dapet apa – apa, kata orang tua cuma ngobrol lewat messenger katanya jamur jadi panik. trus dapet info darisini alhamdulillah, smoga cuman sisa asi aja. thanks infonya.. :)

  37. evie Says:

    anak saya sekarang usia 6 bln lidah dan tenggorokannya bercak putih, tapi ketika diberikn asi terus mengsiap seperti tidak terasa sakit, tp sayanya jd risih ngeliatnya, makasih infonya akan saya coba. do,a in si kecil cepat sembuh ya !

  38. bunda fanya Says:

    anak sya bru brumur 27hari..
    bnyak skali brcak putih pda lidah n bibir nya, anaq saya skrang sudah minum susu formula, krna sya tidak dpat memberikan ASI..

    terima kasih saran nya, akan saya coba..

    doain supaya smbuh yaa..

  39. ati Says:

    klo bleh tw dosisnya gmn?bayiku (7 hr) lg bnyk bnget bercak putihnya,ada yg bs dbersihin ada jg yg gak.malah skrg makin meluas ke langit2 mulut n bibir.skrg lg libur jd DSA lg ga praktek

  40. titis Says:

    °•·♥̨·♡̬̩̃̊τђåиκ чőƲ♥·♡̬̩̃̊·•° infonya,,kebetulan anak sy mengalami hal yg sama,dan sm spt anda,sy jg mengiranya bekas susu,cb sy bersihkan ttp tdk hilang,tp alhamdulillaah g mengganngu kuantitas minumnya….smp akhirnya sy menemukan postingan ini….trm ksh

  41. santanaji Says:

    terima kasih banyak
    kasus yg sama pd anak saya
    kasian bgt liatnya,palagi liat istri cemas bgt…

  42. lina Says:

    anakq umur 6bln..dicb mp asi.g lm anakq bdnnya panas g mau mkn tp mauny minum dan asi sj.setiap diberi mkn multnya ditutup rapat.ktk dia menangis sy br lht ada spt sariawan dilgt2*.dan lidahnx ada bercak pth.mdh2an dgn infonya bermanfaat u/ anak sy

  43. Yuli Says:

    Terima kasih informasinya,,mbak. Sama di dede bayi ku juga ada kayak gitu.

  44. Ira Chayank Kiki Says:

    tp klo ank sy siap d brsihkn lidahnya mlh tmbh ga mau mnm susu.. mgkn krna pedih x y..

  45. Amalia Says:

    Beberapa hari ni Sy baru sadar klo baby Sy (*she* panggilannya) mengalami bercak” putih d lidah krn susu formula :( sejauh ni seteressssss jg krn bingung gmn ngebrsihinnya krn 2hri terakhir agak rewel mpe jam 24.00 selanjutnya Bobo anteng spt biasa


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: