Kenapa Bayi Menangis?

Sudah 1.5 bulan sejak Nisa lahir, dan kami (saya dan istri) harus belajar banyak tentang cara merawat Nisa. Mulai dari menyusui, memandikan, mbedong, gantiin baju, mengantar imunisasi, dan tentu saja mencukur rambut :D

Ada beberapa alasan (menurut saya sih) kenapa bayi menangis:

Lapar (atau haus ya?)

Kalau ini sih jelas, dikasih tetek langsung dikencut. Perlu juga diperhatikan lancar atau tidaknya ASI. Kalau ASI tergolong sangat lancar, misal bisa memancar walau tidak dikencut, waspadai bayi tersedak, dan siapkan tissue atau lap buat menutup puting kalau si bayi melepaskan kencutannya, biar ASI tidak muncrat ke wajah bayi. Perlu juga divariasi antara payudara kanan dan kiri.

Kalau ASI tidak begitu lancar, usahakan bayi bisa minum banyak, sambil dibantu memerah payudara supaya bayi tidak kecapekan ngencut. Kalau kelihatan mengantuk sementara minumnya masih sedikit, usahakan untuk ditowel-towel biar bangun dan menyelesaikan minumnya.

Awas Gumoh!!!
Gumoh atau muntah pada bayi, kerap terjadi karena kekenyangan. Untuk mencegah gumoh, setelah minum bayi ditegakkan kemudian ditepuk-tepuk punggungnya agar bersendawa. Tapi jangan keras-keras menepuknya, nanti justru bayi yang kesakitan.
Kalau Nisa gumoh, kami biasanya memiringkan Nisa agar muntahan tidak kembali tertelan, atau terhirup lewat hidung. Saat memiringkan perlu diwaspadai agar muntahan tidak masuk ke telinga.
Ganti baju, gurita atau apapun yang terkena muntahan agar bayi senantiasa bersih.

Basah atau Kotor

Biasanya karena pipis atau eek. Tinggal dibersihkan saja kok. Tetapi jangan buat bayi merasa bersalah dengan mengatakan “Lho, kok pipis/eek?” atau “Lho, baru digantiin kok pipis/eek lagi?”. Cukup diciumi, disayang-sayang, atau diteteki sampai bayi reda menangisnya. Baru digantiin. Kalau digantiin pas nangis, bayi bisa tambah kenceng nangisnya, ibu atau bapaknya bisa tambah stress nanti.
Kami biasa mengatakan “Adik pipis/eek ya? Mmm.. ga pa pa. Sudah belum? Digantiin ya?”.

Kedinginan

Tanda-tanda kedinginan antara lain: hampir seluruh badan dingin, jari tangan menggenggam, jari kaki ditekuk ke bawah, kadang biru di bibir. Selain menggenggam jari, Nisa biasanya meletakkan genggamannya di leher.
Cara mengatasinya tentu saja dengan dibedong atau diselimuti serta dipakaikan kaos tangan dan kaos kaki. Kalau perlu digendong dan dipeluk hangat.

Awas Kegerahan!!!

Kegerahan

Penyebab lainnya bisa jadi karena kegerahan. Terutama jika dibedong dan diselimut rapat. Bisa diketahui dengan keluarnya keringat di dahi atau rambut yang basah. Coba raba bantal atau alas kepala. Kalau basah, berarti bayi kegerahan, dan segera buka selimut atau bedong. Kaos tangan dan kaos kaki bisa tetap dipakaikan.

Ngantuk

Diteteki ga mau, kedinginan juga nggak, kegerahan juga tidak, wah bisa jadi ngantuk tuh. Kalau tidak mau dibobok-bobok sambil ditidurkan, coba digendong sambil ditepuk-tepuk pantat-nya dan dinyanyikan lagu “Nina Nisa Bobo” :D
Kalau nangisnya berhenti dan matanya mulai terpejam atau malah tertidur, jangan langsung ditidurkan di ranjang, tunggu sampai benar-benar pulas. Saya biasanya menunggu sampai Nisa menggeliat terus tidur lagi baru ditidurkan di ranjang.
Ibu atau bapaknya boleh nyusul tidur, terutama kalau malam hari. Supaya tidak mengantuk dan bisa terjaga dan fresh kalau si bayi menangis.
Awas, bayi bisa manja kalau setiap kali nangis langsung digendong.

Pingin Main

Semenjak Nisa bisa diajak becanda (atau istilah jawanya “dililing atau dikudang”), kalau tidak karena hal-hal di atas, Nisa pasti pingin main. Diajak ngomong saja sambil diciumi. Nanti kalau sudah capek, paling minta minum terus bobo. Karena yang diajak ngomong cuma bisa menggumam khas bayi (“aooo”, “mmmm”, “nggeehh”) ya dibetah-betahin aja ngomongnya. Bisa juga gantian dengan ibu atau bapaknya, atau didiamkan saja sebentar.

Sakit

Alhamdulillah Nisa tidak pernah sakit. Tetapi indikasi sakit bisa ditandai dengan panas tinggi, tidak mau menyusu, muntah-muntah, mencret atau hal-hal yang tidak wajar.

Ada beberapa tips untuk merawat bayi berdasarkan pengalaman kami merawat Nisa:

  1. Bagi ibu yang kebetulan ASI-nya kurang lancar dan tidak suka minum susu untuk ibu menyusui, konsumsi saja daun Katuk, bisa dimasak sayur bening atau olahan lainnya, asal tidak terlalu pedas (biar bayi tidak mencret).
    Alhamdulillah ASI ibunya Nisa lancar, jadi tidak perlu masak yang macem-macem. Kadang minum susu segar atau makan trancam.
  2. Jangan biarkan bayi menangis terlalu lama karena akan membuatnya capek dan mengurangi kemauannya untuk minum ASI.
  3. ASI, ASI, dan ASI.
    Jika memang ASI keluar, sangat amat disarankan agar bayi diberi minum ASI. Beberapa waktu yang lalu, saat periksa ke DSA (Dokter Spesialis Anak) pertanyaan dari dokter adalah “Minumnya ASI saja kan? Kalau cuma ASI berarti aman-aman saja.”
  4. ASI, ASI, dan ASI.
    Loh, ASI lagi ya? Harga susu formula katakanlah perkotak 45 ribu. Dalam sebulan butuh 4-5 kotak, berarti ASI memberikan keuntungan secara ekonomis, plus tidak perlu membuatkan susu terlebih dulu. Kapanpun bayi haus, tinggal buka langsung minumkan.
    Coba bayangkan kalau dengan susu formula. Bayi menangis, masih harus membuatkan susu. Bayi menangis tambah keras, ibu tambah stress, giliran susu sudah siap, bayi ketiduran karena capek menangis. Susunya bakalan jadi basi kalau tidak segera diminumkan. Kalau basi, dibuang. Kalau dibuang, kan percuma belinya, alias duitnya terbuang juga.
  5. Tips yang lain menyusul..

Nah, semoga informasi di atas bermanfaat ya. Ada yang punya pengalaman lain atau sejenis? Silahkan dibagi di sini..

18 Tanggapan to “Kenapa Bayi Menangis?”

  1. ferdhie Says:

    klo ga salah info, ktnya klo bayi nangis tuh ngelatih otot jantung. klo ga salah lo …

  2. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    @ Om Ferdhie..
    Iya om.. betul-betul.. melatih otot pernafasan, bahkan ada yang sengaja ditidurnya ditengkurapkan biar otot/tulang dada kuat..
    Kalau tidak karena sakit.. biarkan saja menangis. Begitu kata DSA..
    Tapi ga tega lihatnya.. :D

  3. yudhipras Says:

    ooo ngono to.hihihihi.. *Referensi,ben sok nek duwe anak ngerti* aha !! hihihi

    suwuns.

  4. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    @ Yudhipras
    Iyo ngunu kuwi.. sampeyan meh rabi tahun ikiy ta? :D

  5. alief Says:

    Wah ini bisa jadi info yang berharga bagi yang mau punya baby…

  6. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    Apakah Cak Alief sudah mau punya baby? Atau profilenya di blog yang belum diupdate? Masih single tuh?

  7. mitot Says:

    nambah aja deh, salah satu hal kenapa bayi nangis biasanya sih karena dia upset (marah/sebel)

  8. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    @ Mitot
    Terimakasih tambahannya. Kalau upset berarti butuh hiburan dong. :D

  9. putri alya shafiqa Says:

    suwun ya..buat tips2 nya ok juga tu buat di praktekin,soalnya stress bgt jd ortu baru,krn ngasuh baby perlu belajar membaca perilaku si baby n yg ga kalah penting memahami apa maunya si baby..btw thx a lot

  10. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    @ Putri Alya Shafiqa
    Wah senang sekali tulisan saya ini bisa menjadi referensi buat Ibu. Ya memang harus coba-coba mengerti apa maunya si kecil. Belum bisa ngomong soalnya..
    Salam ya buat si kecil.

  11. Rully Says:

    daripada beli susu formula 4 – 5 kotak sebulan, mending ngasih makanan enak (bergizi) buat ibunya. :mrgreen:

  12. hercom13 Says:

    anak aku baru berumur 8 hari, tapi suka e minum susu formula.kalo di tetk ibunya malah nangis, apa gara gara teteknya kurang lancar ya………….(moga ada yg bisa bantu) trims

  13. parentingislami Says:

    Hihi, mirip dengan anak sendiri.

    Oya. Katanya ada buku baru terbit tentang sebab-sebab bayi menangis. Ada yang sudah baca?

    Priyanto Hidayatullah
    Blog Parenting Islami

  14. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    @hercom13
    Coba Pak, dipencet teteknya. Kalau keluar ASI-nya berarti lancar tuh. Atau coba diperah.
    Yang penting si ibu tidak stress karena si anak nangis. Nanti pengaruh ke produksi ASI.

  15. afie Says:

    yg di buku kedokteran blm ada tu kenapa kdg bayi malem2 tiba2 bangun nangis keras gak jelas… Katanya krn ngimpi buruk. Lha emang bayi bisa ngimpi apa sih? jadi penasaran….

  16. anissa Says:

    alhamddulillah saya dah jadi seorang ibu dari ananda Raihan, sekaarang dia udah 10bln.biyasanya kalo malem suka nangis karena mau pipis,setelah celananya diganti trus di kasih nenen biyasanya tidur lagi

  17. depot.pulsa-listrik Says:

    trims, buat pendidikan jg kepada yg belum nikah


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: