Tugas Quality Control

Tugas Quality Control itu sederhana kok, yaitu

 Tidak me-Reject barang yang bagus dan tidak meloloskan barang yang jelek.

Walaupun tugasnya sederhana, tapi HOW TO-nya yang tidak sederhana.

43 Tanggapan to “Tugas Quality Control”

  1. ayahshiva Says:

    emang seperti apa standar nya barang yang bagus itu

  2. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    Tergantung dengan jenis barangnya, karena itu berbeda-beda tiap barang.
    Untuk produk furniture ada banyak aspek yang perlu dikaji untuk menentukan barang itu reject atau tidak. Misalnya: Moisture Content (MC = kandungan air dalam kayu, tekstur kayu (ini untuk mentah) dan cacat pada kayu. Sedang untuk barang proses beda lagi. Tapi sebagian besar ditentukan oleh barang mentah kok :D
    Apalagi sekarang musim hujan.

  3. ario dipoyono Says:

    harus di definisikan satu-satu dulu mas… baru eksekusi halah… koyo ngerti ae

  4. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    Betul mas..
    Memang harus didefinisikan dulu mana yang harus diperiksa untuk menentukan barang itu lolos atau tidak.

  5. Gunawan Says:

    Mas Arief, kalau ada lowongan Quality Control aku dikabari ya, Aku dah lama kok berkecimpung dalam dunia furniture, pernah jadi QC Frame mentah yang berhubungan langsung dengan supplier, InsyaAllah MC, Konstruksi, Gambar Kerja dan penanganan supplier sudah pernah aku jalani…..aku juga pernah bekerja diperusahaan furniture dengan proses machinal….
    Jadi tenaga freelance dalam pembuatan gambar kerja juga mau kok…..thanks sebelumnya ya mas…aku tunggu infonya..

  6. ferdhie Says:

    QC / tester emang hrs valid bro… karena kualitas adalah segala2 nya.

  7. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    Betul Om Ferdhie.
    Apalagi untuk barang yang jualannya per kontainer :D
    Kalau ga ketat di QC, barang 1-2 yang defect, klaimnya 1 kontainer..
    Kalau tidak punya modal besar, bisa-bisa kirim satu kontainer langsung gulung tikar :D

  8. peyek Says:

    saya kok pesimis, lha kebanyakan dinegeri ini bukankah meloloskan apa saja tergantung imbalannya?

  9. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    Nah, itu pentingnya QC berlapis Pak :D
    Tapi ya mo gimana lagi ya.. QC juga manusia..
    Manusia yang mana?

  10. rani Says:

    Hallo arief….saya ada temen yg mau buat website /revise website bt companynya……mgkn bs email saya?thanks

  11. Maulana Says:

    Mas,,,ad saran tempat buat PKL ga?? tentang Quality Control..Saya mw membuat karya ilmiah…untuk lulusan D3..makash y mas sebelumnya..

    • Andri R Fattah Says:

      Sorry banget.. isinya udah diganti dengan meteri lain.. Saya akan buat lagi khusus mengenai dunia QC bila ada kesempatan :)

  12. Sayful Bahri Says:

    quality control..
    apa sih yang terpenting dari produ itu?

  13. Sayful Bahri Says:

    quality control..
    apa sih yang terpenting dari produk itu?

  14. fajun Says:

    ya ya ya aya a……

    yang terpenting adalah menylesaikan semua tugas yan gterletak di pundak kita…

    OK… (^_^)

    • die Says:

      Bisa di katakan herja sebagai QC lumayan rumit. sekalipun kita sudah mengecek secara visual, dimensi dan fungsional kadang masih ada aja yang ke lolosan. sabotase konsumen ato emang kitanya yang belum mlek.hehehe….lagi nyari informasi banyak tentang QC. mo ada pengembangan di kantor..tolong bantuannya..klo ada info, artikel ato modul tntang QC..

  15. astuch Says:

    aq br dpt tawaran sbg QC…maklum fresh graduate jd masi awam…mo’on info lanjut dunk mas2 mbk2..

  16. Fatrin Says:

    sy minat k pnjrusan QC…tp sy krang mmhami sgla ssuatu yg bhubungan ma QC…
    bs tolong bantuannya ga buat mas2 n mba2…
    makasi…

  17. abay triz Says:

    waduh aku dapat tawaran kerja menjadi QC di pabrik rotan tapi masalahnya aku belum paham banget tentang quality control, gimana ya mas ??

    • Andri R Fattah Says:

      Mas Abay boleh tanya apa pun tentang Rotan termasuk tugas dan tanggung jawab sebagai QC dan hal-hal lain yang berkaitan dengan produksi rotan…
      Boleh tanya langsung via email saya… andri.rfattah@gmail.com.
      Saya tinggal di Cirebon, pusatnya industri furniture rotan.

  18. Sila Says:

    mau memperdalam jadi Quality control yang baik kaya gmna sih?? saya baru pertama kali di bagian ini ….dan apa saja yng saya harus pelajari basig nya??/ mohon bantuannya…

  19. wina Says:

    kalau QC di industri farmasi seperti apa sih ? mohon bantuannya yaa .. maklum saya fresh graduate … hhehee makasihh :)

  20. deden Says:

    aku ada sedikit pertanyaan nih mas, untuk proses QC jenis produk botol plastik untuk kemasan Oli, hal-hal apa saja yang musti diperhatikan. aku juga butuh poin-poin pentingnya mas, makasih yo mas

  21. polman s Says:

    Mas arif aku sdh 1 thn megang quality control disuatu perusahaan, tapi sepertinya masih banyak yg belum saya pahami, tolong dong kasih info kalau ada pelatihan tentang quality control

  22. Vicry Ady Says:

    Untuk Masalah Bobin Untuk tranformer hal apa aja mas yang harus di perhatikan

  23. tomi Says:

    Quality Control kalau di dunia IT itu seperti apa ya mas?
    mohon infonya.. terima kasih

  24. denny Says:

    saya mau tanya mas,buku apa yang bisa saya baca untuk mengetahui secara detail tentang tugas,fungsi dan cara kerja seorang quality control. terima kasih.

  25. Myluv Says:

    Myluv :
    salam kenal semua…kebetulan saya bekerja di bidang kuality control(-/+ 2tahun)..kalau boleh saya share disini,pekerjaan kuality kontrol basicnya adalah “product knowledge” yang di produksi diperusahaan itu sendiri,kemudian dibarengi ama knowledge yang berhubungan dengan produknya,misal raw material nya,prosesnya dll.sehingga setelah terbentuk sejumlah pengetahuan..kalau saya bilang nya” amunisi”…baru “power competence nya” sebagai QC yang menembaknya..tapi kembali kemasing masing orang..punya mental yang bagus nga buat nembak?hee….
    sementara ini dulu,saya cuma sekedar share dan ingin berbagi pengalaman saja.

    matursuwon
    Myluv

  26. napsiah imoet Says:

    saya baru mw test QC,
    ap saja persiapan yg harus dilakukan,
    mohon bantuan`a ya sob!!!!!

    • firman Says:

      yg prtma pasti berdoa kepada tuhan.
      napsiah pada dasarnya semua tugas dan tanggung jawab QC adalah sama saja. hanya yg membedakan adalah produk yg produksi olah perusahaan tsb. QC tidak bisa lepas dari standard kualitas, fokus kualitas produk serta sample produk. napsiah jg harus mengerti alat2 ukur yg bs saja dari ujian test tersebut karena QC tidak akan jauh dari alat kerja ukur.

  27. Lulu Danzaelar Says:

    hm,,,kLo mAu jd Qc Pendidikan Min nya ap???
    Hruskh sEorang Srjna????

  28. adhon Says:

    betul mutu hrus nomer satu

  29. iam boy Says:

    waahh bukankah QC tuh pada hakikatnya menginspeksi, mengetes dan menggrading sebagai pembanding yang mana yang baik atau tidak baik??
    tapi bagaimana cara nyaaa yang bener atuh mas bro????

  30. adi Haryadi Says:

    Maaf Mas ..
    Bagaimana cara agar kita dapat menguasai tugas sebagai Qc sementara kita belum pnya pengalamannya sama sekali ?? tplpng jwaban’a ..
    terima kasih …

  31. Rehan Says:

    Hy mas…
    saya,Rehan..
    pengen tau,klu Qc Visual Tch,Cacat apa aja yg sering di temukan,…??
    Tanks

  32. aan Says:

    kalo QC di peternakan gimana mas?bagi tips nya

  33. acep aziz Says:

    boleh saran, kalau di qc di peternakan banyak, kontrol pakannya, kandangnya, serta hasil ternaknya bagaimana

  34. ahmad fhauzi Says:

    tolong dong mas, sarannya agar menjadi seorang qc otomotif/elektronik yg baik. Soalnya sya bru nih,

  35. Arch Arch Says:

    tgs quality control sbnrny bagaimana pada bangunan apartemen
    ? apkah hanya menjaga mutu saj?? mnta pnjlsnny


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

