Oalah..Ternyata Cuma 61 Ribu To..

Cerita ini bermula dari ketidaktahuan saya (karena waktu wawancara kredit memang tidak diberitahu) tentang hitungan pembayaran angsuran KPR BTN.

Saya mengambil KPR untuk rumah bertipe 30/60 di Puncak Solo Residence di daerah Mojosongo. Cukup 10 menit dari kampus UNS kalau lewat “jembatan cinta”. Disebut “jembatan cinta” mungkin karena cuma bisa dilewati satu sepeda motor dan tidak bisa bersamaan dari dua arah, tapi cukup muat kalau dibuat menyeberang berdua sambil pegangan tangan.. hehehehe…

Dalam Akta Kredit disebutkan bahwa jatuh tempo pembayaran adalah setiap tanggal 7 dan tenggang pembayaran adalah sampai akhir bulan yang bersangkutan. Nah, karena jatuhnya akhir bulan, maka untuk bulan September, saya menunda pembayarannya sampai Senin (24/09) pekan depan. Maklum rejeki Insya Alloh baru ada pada hari Sabtu (23/09) besok.

Hari Jumat, pekan kemarin, saya di-SMS staff BTN (yang belakangan saya ketahui bernama Pak Hadi) yang isinya adalah bahwa saldo saya di BTN tidak mencukupi untuk pembayaran angsuran. Dalam hati saya bilang “Ya emang ga cukup, lha duitnya belum saya masukin ke rekening”. Eh.. di hari yang sama, saya ditelpon staff dari BTN (namanya Pak Widodo), yang meminta saya segera membayar angsuran. Saya sampaikan ke beliau bahwa saya akan membayar pada hari Senin (24/09), karena Akta Kredit menunjukkan bahwa tenggang pembayaran adalah sampai akhir bulan. Beliau menerangkan bahwa kalau memang sudah ada uangnya, segera saja dimasukkan, daripada entar keambil buat sana-sini. Beliau juga bilang kalau tugasnya adalah mengingatkan customer agar tidak terkena denda karena keterlambatan pembayaran. Terima kasih Pak.

Nah, kemarin (Senin 18/09) saya ditelpon Pak Hadi dari BTN Solo yang meminta saya untuk segera membayar angsuran rumah. Saya tetap bilang akan saya masukkan ke rekening hari Senin (24/09). Saya tetap berpegang pada akta kredit yang sudah disepakati.
Tetapi karena ingin tahu, saya bertanya kepada beliau:
“Berapa sih Pak yang harus saya bayar?”..
Beliau menjawab:
“Kalau untuk angsuran bulanan adalah Rp 517.200. Karena Pak Arief sudah membayar tagihan bulan September saat Realisasi Kredit, maka bulan ini Pak Arief hanya membayar tagihan bulan Juli, karena Pak Arief Realisasi Kredit masih di Bulan Juli yaitu tanggal 27 Juli”.

Wah tambah bingung lagi saya, bagaimana kok bisa begitu, ternyata setelah diusut penjelasannya seperti ini:

Aturan pembayaran atau penagihan yang dilakukan di BTN adalah “pakai dulu baru bayar”. Jadi untuk pemakaian bulan Agustus dibayar September dan seterusnya..
Sehingga jumlah yang seharusnya saya bayarkan untuk bulan September adalah Rp 512.700. Namun karena ternyata kewajiban untuk September sudah dibayar saat Realisasi Kredit, sedangkan bulan Juli belum dibayar, maka untuk bulan September saya membayar “pemakaian” bulan Juli.

Beliau menambahkan lagi:
“Karena bulan Juli Pak Arief hanya “pakai” beberapa hari karena Pak Arief realisasi kredit tanggal 27 Juli, maka kewajiban yang harus Bapak bayarkan untuk bulan September adalah sebesar 61 Ribu Rupiah, bukan 517.200″

Wah, karena perkiraan saya adalah 517.200, saya langsung saja bilang:
Oalah.. ternyata cuma 61 ribu to Pak, saya kirain 512.700. Ya sudah, besok saya masukkan duitnya ke rekening”😀

Wuh..lega deh..

Pagi tadi saya mampir ke BTN Kampus UNS dan masukin duit 100 ribu. Setelah saya telpon Pak Hadi, beliau bilang.. kalau sudah saldo sudah cukup.

Alhamdulillah..

Berarti tidak ada lagi kewajiban yang harus saya bayarkan bulan ini..

Kalau begitu.. entar sore.. bisa periksain kandungan istri.. yuhui..

Ditulis dalam Daily. 7 Comments »

7 Tanggapan to “Oalah..Ternyata Cuma 61 Ribu To..”

  1. Jauhari Says:

    hmm…. Buka Mata Buka telinga Buka Pikiran😉

  2. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    Mode “Buka Mata Buka Telinga Buka Pikiran”: ON😀

  3. yudhi cihuy Says:

    hahaks.. pakdhe pakdhe.. makane to,minta penjelasan sejelas-jelasnya dhisik.huehueueeu
    😛

  4. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    Lah bagian mana yang belum jelas aku ndak tahu jeh..
    Piye noh..

  5. priandoyo Says:

    wah mas, arief, thanks infonya yak😀

  6. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    Sama-sama..
    Syukur deh kalau infonya berguna..

  7. Nana Dan Wawang Nawang Says:

    terima kasih informasinya pa arif. kalau bayarnya sebelum ahir bulan masa tenggang pembayaran, contohnya tanggal 28 tidak kena bunga kan?


Tinggalkan Balasan

