Perlukah Mengubah Nama Domain?

Studi Kasus: alumni.uns.ac.id versus ika.uns.ac.id

Kemarin (11/01/2007) ada sebuah komentar yang menginformasikan tentang situs domain baru Ikatan Alumni UNS, yang semula berdomain alumni.uns.ac.id menjadi ika.uns.ac.id, walaupun kedua domain tersebut kalau diakses juga menampilkan situs yang sama (kenapa harus ganti domain yah?).

Setelah membaca informasi di situs Alumni UNS dijelaskan sebagai berikut:

“Organisasi Alumni Universitas Sebelas Maret didirikan pada tanggal 1 Maret 1986 dengan nama Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret yang disingkat “KASEMAR”.
Kemudian pada Munas III Keluarga Alumni Sebelas Maret (KASEMAR) memutuskan untuk mengganti nama KASEMAR menjadi Ikatan Keluarga Alumni UNS (IKA UNS). Adapun perubahan nama tersebut dimaksudkan untuk lebih memunculkan nama UNS karena selama ini nama Sebelas Maret tidak lebih dikenal daripada UNS. Oleh karena itu, munas akhirnya memutuskan mengganti nama menjadi IKA UNS”

Kesimpulan dari quote di atas adalah:

Bahwa penggantian (atau penambahan ??) domain ika.uns.ac.id didasarkan karena penggantian nama organisasi alumni UNS dari KASEMAR menjadi IKA UNS. (Padahal yang dulu juga tidak menggunakan kasemar.uns.ac.id :D)

–> Setelah dikonfirmasi dengan komentator, ternyata kesimpulan saya benar.

Apa sih yang akan saya bicarakan? Sederhana. Menurut saya keputusan itu tidak kurang tepat. Saya alumni UNS dan pernah mengelola situs alumni tersebut (saat saya masih jadi mahasiswa) setelah sang developer (Mas Tommy) resign dari Puslinet.

Kenapa kok kurang tepat? Berikut alasan saya:

[1] Harus Update Link

Semua pengelola situs web di UNS, harus (atau tidak??) mengupdate semua link yang menuju ke alumni.uns.ac.id menjadi ika.uns.ac.id. Termasuk yang di otak. Walaupun situs alumni tetap bisa dibuka dari kedua link tersebut. Kalau memang mau diubah, kenapa tidak di-redirect saja ke domain yang baru. Jadi search engine dan pengunjung langsung diarahkan ke domain baru. Cara redirect bisa dilihat di sini.

Anehnya link ke situs alumni di situs utama UNS (saat saya menulis posting ini – 11/01/2007) masih mengarah ke http://alumni.uns.ac.id dan tidak mengumumkannya di berita UNS.😦

–> UPDATE: 15/01/2007 (11:00): Link ke situs alumni UNS di situs utama UNS sudah diupdate dan diarahkan ke ika.uns.ac.id.

Anehnya lagi, ada link internal situs alumni berdomain ika.uns.ac.id yang masih juga mengarah ke alumni.uns.ac.id.😦

–> UPDATE: 16/01/2007(09:26): Link internal situs alumni berdomain ika.uns.ac.id sudah mengarah ke ika.uns.ac.id. Link internal situs alumni berdomain alumni.uns.ac.id mengarah ke ika.uns.ac.id.

[2] Nama Domain

Kalau Anda mendengar kata “alumni.uns.ac.id” pasti langsung bisa tahu bahwa domain itu adalah untuk sebuah situs alumni di uns.ac.id. Bagaimana dengan ika.uns.ac.id? Domain untuk situs web seseorang bernama ika di UNS atau ikatan alumni? Atau saya mengada-ada? Ask your self.. hehehehe

[3] Search Engine

Saya masuk ke Google dan mencari: “alumni.uns.ac.id” serta “ika.uns.ac.id”, hasil googling saya menunjukkan bahwa tidak ada dokumen untuk kata kunci “ika.uns.ac.id”.
Kata kunci “alumni UNS” (boleh dengan petik atau tidak) juga tidak menunjukkan ada domain ika.uns.ac.id di halaman pertama dan kedua. Halaman ketiga dan seterusnya saya tidak check.
Demikian juga dengan “IKA UNS”, hasil pencarian teratas adalah situs alumni.uns.ac.id.

Mungkin ada yang bertanya: Kan itu domain baru? Memang itu domain baru. Hasil search menunjukkan bahwa situs alumni.uns.ac.id dengan content terbarunya sudah ter-index oleh Google, tetapi kenapa tidak ika.uns.ac.id? Jawabnya ada di nomor [4].

[4] Page Rank

Di bawah ini perbandingan antara alumni.uns.ac.id dan ika.uns.ac.id dari MyPagerank.net

Membangun kembali sebuah PageRank, apalagi dari 0 membutuhkan cukup waktu. Apalagi jika redirection tidak dilakukan. Karena alumni.uns.ac.id mempunyai page rank yang lebih tinggi, maka tentu saja untuk beberapa keyword yang berkaitan dengan alumni UNS, situs alumni.uns.ac.id akan menempati posisi lebih tinggi.

[5] Link Popularity

Di bawah ini perbandingan antara alumni.uns.ac.id dan ika.uns.ac.id dari MyPagerank.net

alumni.uns.ac.id

ika.uns.ac.id

Dari Google, alumni.uns.ac.id mempunyai 41 BackLinks dan 7 Indexed Page, sementara ika.uns.ac.id = 0.

Baru saja saya peroleh informasi dari komentator bahwa penggantian domain ini adalah kesepakatan Munas Alumni (wah.. saya kok ga tahu yah kalau ada munas..)😀

Kesimpulan:
Apa yang saya tulis adalah opini saya sebagai alumni dan mantan pengelola didasarkan pada pengalaman saya dalam pekerjaan sehari-hari. Keputusan untuk mengubah (atau menambah ??) domain saya serahkan sepenuhnya kepada hasil MUNAS Ikatan Keluarga Alumni UNS (Universitas Sebelas Maret).

Mengganti domain sama saja mengubah alamat rumah di Internet, apalagi untuk sebuah website. Alasan pihak UNS untuk mempertahankan domain alumni.uns.ac.id sudah tepat, tetapi sayangnya tidak dilakukan redirect ke domain baru ika.uns.ac.id. Walaupun bisa dilakukan redirect, tentu membutuhkan waktu lagi untuk menaikkan PageRank alumni.uns.ac.id ika.uns.ac.id dari 0 ke (setidaknya) 5.

Semoga tulisan saya ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin mengubah nama domain Anda.

Beberapa artikel/diskusi menarik bisa dilihat di:

Memasang link ika.uns.ac.id di dalam posting ini semoga membantu mempromosikan situs Ikatan Keluarga Alumni UNS, atau malah mempromosikan blog saya ini😀. Setidaknya permintaan komentator sudah saya penuhi sebagai bentuk tanggung jawab saya sebagai Alumni Universitas Sebelas Maret.

UPDATE!!!: Terima kasih buat: ******* atas interview singkatnya. (Atas permintaan narasumber, nama narasumsber saya mask)😀

Ditulis dalam Daily, IT, UNS, Work. 14 Comments »

14 Tanggapan to “Perlukah Mengubah Nama Domain?”

  1. tomat Says:

    Ndak nyangka ternyata situs alumni UNS masih hidup tokh,…
    aku jadi sempat terharu,…. Hiks,…

    kalo aku sih setuju dengan Mas Rief, dengan 1 logika/nalar yang simple saja:

    alumni.uns.ac.id kalo di bandingkan dengan ika.uns.ac.id lebih make sense mana?

    tanpa memandang rendah keputusan perubahan nama ikatan alumni UNS, untuk nama domain buat saya jelas lebih make sense kalo menggunakan alumni.uns.ac.id

    – tomat

  2. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    Iya mas Tommy eh tomat. Terimakasih atas engine alumninya. Great work.

    Masih hidup kok. Cuma bangun dari tidur lama setelah vakum tidak ada news atau approval dari admin.

    Mungkin alasan penggantian Kasemar menjadi IKA UNS tidak diimbangi dengan pengkajian soal efek dari penggantian domain serta promosi yang gencar setidaknya di web utama UNS dan web IKA UNS sendiri.😀

  3. wa2n Says:

    salam…
    klo masalah penggantian domain dari alumni ke ika memang sence kurang…
    tapi gimana lagi lha itu keputusan munas alumni UNS…ya kita harus menghormati donk.. apalagi saya juga tidak mengikuti acara tersebut…
    yang utama disini domain alumni tetep masih jalan dan mau ditambah ika atau yang lain tidak jadi soal…

    kemudian untuk perbandingan antara alumni dan ika dari MyPagerank.net itu apakah adil… ika baru dibuat sedangkan alumni udah berpuluh-puluh tahun.. sekian terima kasih…

  4. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    Mungkin mas Wa2n sudah membaca bagian ini:
    “Mungkin ada yang bertanya: Kan itu domain baru? Memang itu domain baru. Hasil search menunjukkan bahwa situs alumni.uns.ac.id dengan content terbarunya sudah ter-index oleh Google, tetapi kenapa tidak ika.uns.ac.id? Jawabnya ada di nomor [4].”

    Nomor [4] membahas tentang PageRank yang parameter penghitungannya antara lain incoming links dan tingkat kepentingan (importance level) dari sebuah halaman. Importance level diperoleh dari banyaknya klik terhadap halaman itu yang diperoleh atas keyword tertentu dari suatu hasil search.

    Nah kalau Google tidak “digiring” ke domain yang baru, bagaimana dia menaikkan PageRank ika.uns.ac.id jika hasil pencarian menempatkan alumni.uns.ac.id di posisi atas dan orang mengklik link yang menuju ke alumni.uns.ac.id? Tujuan dari saya membandingkan keduanya adalah untuk melihat, layak tidak mengorbankan PageRank untuk sebuah domain baru yang maaf “Sense”-nya kurang.

    Kalau yang mas Wa2n bilang bahwa domain alumni.uns.ac.id berusia puluhan tahun (yang menurut saya tidak, karena copyright di bawahnya adalah tahun 2001) dan saya ingat sekali domain itu dibikin pada saat Project 49, pertanyaan yang timbul dari saya adalah: Apakah layak jika mengorbankan PageRank yang dibangun puluhan tahun untuk mencapai angka 5?

    Boleh percaya boleh tidak, PageRank blog ini, saya peroleh kurang dari 4 bulan, karena dua posting saya yang selalu menjadi Top Post.

    Oh ya, saya menghormati keputusan Munas kok. Kayaknya saat munas kemarin saya belum lulus dari UNS😀. Dan mengelola situs alumni saat saya belum menjadi alumni.

    “Semoga tulisan saya ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin mengubah nama domain Anda”

    Terima kasih komentarnya

  5. tantos Says:

    TIDAK SETUBUH!, berarti DUA TUBUH!
    bagaimanapun juga, penggantian nama domain adalah sebuah pilihan ke-n,atau bahkan ‘bukan pilihan’ kata bang iwan fals.
    kalo itu terjadi, sama saja kita reborn, mulai dari NOL!!!
    kita tidak taw, berapa mata yang mengetahui, berapa otak yang mengingat nama ‘alumni.uns.ac.id’.
    kita tidak taw…..
    tidak taw….
    tidak…
    taw…

  6. kaze Says:

    wah kok jadi rame banget, sip dech🙂
    sebelumnya ada beberapa hal yang perlu dikonfirmasikan, bahwa penggantian domain tersebut memang baru-baru saja dilakukan. jadi memang belum ada SEO sama sekali, tapi secepatnya pasti akan dilakukan berbagai optimasi untuk mengenalkan domain ika.uns.ac.id. tapi kalau ada yang bilang pihak uns masih mempertahankan alumni.uns.ac.id kok aku malah bertanya, pihak UNS yang mana ya :))
    untuk masalah penggantian organasi KASEMAR menjadi IKA dapat dibaca disini http://www.suaramerdeka.com/harian/0504/26/slo07.htm

    tapi kalau boleh tau posting mana ya yg membuat PR web ini naik demikian cepat🙂

  7. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    Seneng juga banyak yang berkomentar, sehingga bisa berdiskusi. Thanks.

    Yang saya maksud pihak UNS adalah UNS secara totalitas. Kenapa? Karena saat saya menulis topik ini, link alumni di Web UNS (http://www.uns.ac.id) masih mengarah ke http://alumni.uns.ac.id bukan ke http://ika.uns.ac.id.

    Kemarin saya googling dengan keyword “ika.uns.ac.id” masih belum ada hasilnya. Hari ini saya coba sudah ada. Blog saya juga ada kok di situ😀. Keyword yang dimasukkan oleh pencari di Google mungkin bukan ika.uns.ac.id, tetapi bisa jadi “ikatan alumni uns” atau “alumni uns”, hasilnya silahkan dicoba sendiri.

    Posting itu adalah ini dan ini, dan tentu saja posting yang lainnya..😀

  8. Gestway Says:

    Apa arti sebuah nama….
    Nama sangatlah penting dalam segala hal. Kalau tidak ada nama bagaimana kita menyebut? paling cuma bisa hai hai aja🙂 iya kan?
    Untuk nama domain tentu akan memberikan imbas ke sesuatu yang berhubungan dengan internet.
    Seperti yg rief utarakan, nama alumni tentu akan lebih familiar ditelinga orang daripada nama IKA.
    Kalau anak MIPA tentu familiar dengan nama IKA…
    kan ada IKA Asriani heheheh…. Bukan begitu rief?
    Btw, siapa yang alumninya IKA Asriani tunjuk jari….
    Pemberian nama tidak sekedar memberi label. Perlu dipikirkan dengan matang…
    Saya memberi nama anak saya saja butuh mikir lama.
    banyak sekali pilihan, tapi saya pengen yang pas buatnya.
    saya akan lebih memilih alumni.uns.ac.id yang dipromosikan…
    ika.uns.ac.id assosiasinya ke situs nya mahasiswi uns.
    bisa ika asriani, ika susiati, ika damayanti, ika mustikawati, dan ika2 yang laen🙂 yang jelas bukan Ika Nursyamsu ataupun Ika Joko.. Nggak pas. Kalau Ika maretta mungkin cocok heheheh…. becanda loh wan…

  9. sutanto Says:

    Terima kasih masukannya, sy secara pribadi salut dgn perhatian teman2 semua. Yg jelas kami pengen bangkit dari tidur. Mas Kasirin adalah salah seorang yg kami minta untuk fokus pengumpulan database alumni secara lebih aktif lagi. Jd mohon bantuannya untuk berikutnya lewat puskom kami dpt data dan menghubungi teman2 alumni yg menjadi aset bagi kejayaan UNS ke depan.

    Terima kasih atas segenap perhatiannya.

  10. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    Pak Tanto, terima kasih sudah berkomentar dan mengunjungi blog saya. Apa kabar Pak? Puskom tambah oke kan?

    Saya setuju dan mendukung UNS (Puskom???) yang pengen bangun dari tidur. Capek juga klo tidur lama. Badan pegel-pegel ga enak. Yang jelas saat tidur ga ngerti pertimbangan berita luar. Bukan begitu Pak?

    Menurut pendapat saya, saat berbicara mengenai alumni , kita tidak akan lepas dengan: kapan lulusnya, bekerja disektor apa, sekolah lagi atau tidak dan hal-hal yang melekat dengan tracer-alumni. Karena ini berkaitan dengan tracer-alumni, maka alumni yang lebih proaktif memberikan update datanya ke UNS. UNS lewat organisasi mengkampanyekan kegiatan ini lewat media, misal web, sms??? iklan koran, tv dan informasi yang lebih jelas tentang organisasi alumni saat pelepasan wisuda. Karena kalau hanya merekap data alumni bisa kok dilakukan dengan cara copy-paste dari dokumen penyusun buku kenangan wisuda😀, lengkap sampai judul skripsi/tesis dan nama orang tuanya. Tetapi bukan ini kan yang diinginkan? UNS butuh data yang up to date untuk mengetahui sebaran alumni. Sehingga bisa mendukung promosi UNS atau proyek “UNS dalam Angka” yang dulu pernah digulirkan.

    Buat rekan-rekan alumni yang lain, silahkan mempromosikan situs Alumni UNS (alumni.uns.ac.id) dan membantu UNS mencapai kejayaan lewat alumni.

    Catatan: Bapak Sutanto adalah Kepala UPT. Pusat Komputer (Puskom) Universitas Sebelas Maret.

  11. jauhari Says:

    Proses mas…😀

  12. tYo Says:

    mas arif, assalamu ‘alaykum wr wb

    lam kenal, sy mipa 2003. dulu pernah ke TW brg labkom.
    sbnrnya ini jg menjadi uneg2 sy sejak lama melihat ‘update’ di hampir semua situs di UNS. OOT dari masalah alumni|ika memang, tapi semoga kesungguhan untuk meng’update’ semua situs benar2 berjalan. Sebagus apapun sebuah situs kalo tidak diiringi oleh informasi yg selalu up to date yaa .. wasssalam.

    ^^
    regards

  13. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    @ tYo
    Wa’alaikum salam.
    Salam kenal juga Mas Tyo. Saya inget Anda kok (setelah lihat foto di web Anda tentunya)..
    Masalah update web yang tidak up to date, menurut saya sih sudah menjadi lagu lama. Tentu masalahnya adalah pada tanggung jawab siapa? Dan (maaf) apa untungnya buat yang meng-update.

    Saya pernah “nitip” diskusi dengan salah satu webmaster di lingkungan UNS, saat ditanyakan kenapa kok update situsnya lama, jawabannya adalah “Karena yang di-online-kan harus di-approve dulu. Tidak bisa mengupdate sembarangan.”

    Saya setuju saja, jika yang diupdate adalah content yang sifatnya berkaitan dengan kebijakan atau gambaran tentang jurusan/fakultas/unit/universitas. Tetapi kalau yang di-update adalah berita, saya pikir dengan mempercayakan kepada webmaster, itu sudah cukup. Memperpendek birokrasi. Toh ini akan menunjukkan dinamika kampus kan? Jadi tidak perlu dikebiri.

    Kalau jadi webmaster, pasti yang diinginkan adalah situsnya diakses oleh orang banyak, ter-indeks oleh Google dan tentu saja PageRank yang tinggi. Dimana menemukan statistik ini? Banyak tool kok. Tapi yang paling mudah ya yang ada di access.log-nya web server.

    IMHO content adalah faktor yang paling menentukan dari situs web, sebagaimana buku.

    Thanks for visiting..

  14. Daniel GM Says:

    wah ga gampang ya.. jadi kesimpulannya kalo mo ganti nama ya dari awal2 saja begitu…. he he..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: