Hasil USG 6 Februari 2007

Kemarin sore (Selasa – 06/12/2007), di bawah rintik hujan, kami memeriksakan kehamilan ke Dokter Sulis. Sebenarnya sih hari Senin kami sudah mendaftar. Tetapi karena mendapatkan nomer urut 35 yang berarti bakalan diperiksa sekitar jam 10an malam, akhirnya kami batalkan dan kemarin dapat nomor urut 7 (sekiar 7.30an). Kalau mau periksa, biasanya sepulang kerja saya mampir ke dokter dulu untuk ambil nomer antrian habis itu pulang dan menunggu di rumah dan menanyakan “sudah sampai nomer berapa” lewat telepon. Jadi ga perlu lama-lama nunggu di ruang antri.

Jam 7, kami sudah sampai di tempat praktek dokter Sulis. Tekanan darah 130/90 berat badan 68, atau naik 1.5 kg dari periksa dua minggu yang lalu. Saat menunggu giliran, si bayi terus bergerak dan katanya sih sudah sakit. Tidak begitu nyaman untuk duduk, tetapi karena sudah mo jatuh gilirannya, ya ditahan dulu. Saya raba perutnya, dan memang terasa kencang sekali, ada bagian yang menonjol dan keras, mungkin sih siku si bayi.

Kami ketemu dengan supplier furniture di tempat saya bekerja dulu (Rakabu Furniture). Obrolannya seputar ketatnya QC yang dilakukan oleh buyer (mereka hanya punya satu buyer) dan denda sebesar USD 5000 jika ada BO (Back Order). Walah, padahal 1 Container dari buyer itu paling bagus harganya USD 7000. Yah saya sarankan supaya mereka segera mencari alternatif buyer baru dan memulai usaha export sendiri, toh mereka sudah mempunyai gudang dan infrastruktur yang memadai yang bisa mendukung mereka untuk memberangkatkan 1x40HC container perminggu.

Kembali ke jalan cerita.

Tiba giliran istri saya, kami masuk ruangan dan bu dokter ini langsung menyapa dengan ramah. Kebetulan memang beliau mengajar di UNS dan mengambil kursus bahasa Jepang di UPT. P2B – UNS tempat istri saya bekerja. Jadi kami bisa langsung akrab.

Menurut dokter, kepala bayi sudah masuk ke posisi lahir, sehingga cuma tinggal menunggu waktu saja. Katanya kalau bergerak memang bakalan sakit. Setelah diukur bagian kepala dan perut, berat bayi kami adalah 3 kg, atau naik 0.5 kg hanya dalam waktu 2 minggu. He he he he.. berarti berat badan istri saya naiknya cuma 1 kg saja.

Ditunjukkan melalui layar USG bagian jantung yang selalu berdenyut-denyut dan air ketuban yang masih banyak. Kami meminta print-out bagian wajah dan kelihatan kalau si bayi sedang menghisap ibu jarinya. Print out belum bisa saya upload karena belum di-scan.

Berikut hasil konsultasi kami dan nasehat dari dokter Sulis:

  1. Bayi kondisi sehat, ibu juga sehat. Bapaknya juga sehat..😀
  2. Tanda-tanda melahirkan pasti ada, dan selalu diikuti dengan rasa sakit di bagian perut dan pinggang, kemudian ke bawah, bercak darah atau pecah ketuban. Pada keadaan ini, si ibu secara otomatis tahu bahwa inilah saatnya melahirkan. Dokter memberikan nomer HP-nya untuk jaga-jaga.
  3. Jika nanti sampai dengan HPL-nya (12/02/2007) belum ada tanda-tanda melahirkan, sorenya di-USG lagi untuk melihat apakah air ketuban cukup untuk menunggu 2-3 hari lagi. Kalau cukup, 3 hari kemudian dilihat apakah bisa menunggu 3 hari lagi. Nah, kalau sudah 1 minggu lebihnya dari HPL dan bayi belum lahir, harus segera dilahirkan melalui bedah Sesar.
  4. Siap-siap semua barang bawaan yang perlu dibawa ke rumah bersalin, jadi begitu sudah waktunya, tinggal bawa aja.

Selesai. Kami antri di Apotik untuk membeli vitamin (yang kami ketahui sebagai penambah darah) dan sepulangnya dari apotik kami mampir membeli jajanan berupa gembukan, cakue, donat dan samarinda di daerah Keprabon Solo. Sampai di rumah jam 8.30.

Kami memang masih harus bersabar untuk menunggu tanda-tanda melahirkan. Nanti kalau sudah waktunya kan bakalan terlihat. Mmm.

Doakan ya semoga diberi kemudahan dan kelancaran dalam proses persalinan nanti. Amin.

2 Tanggapan to “Hasil USG 6 Februari 2007”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: