Bagi Saya, Keluarga Itu Prioritas Utama

Ketika saya masuk ke perusahaan saya bekerja sekarang, yang saya sampaikan pertama kali sebelum negosiasi gaji adalah: “Saya tidak bekerja overtime”.. dan alhamdulillah diterima😀

Bagi pekerja seperti saya yang bekerja Senin-Jumat jam 08.00-17.00 dan Sabtu jam 08.00-12.00 praktis waktu yang tersedia untuk keluarga hanya sedikit sekali. Katakanlah saya tidur jam 22 dan bangun jam 04.30, maka waktu yang tersedia kasarannya hanyalah 5 + 3.5 jam, kecuali hari Sabtu yang masuk setengah hari. Itupun juga diisi dengan aktifitas rutin seperti mandi dan melakukan beberapa pekerjaan rumah lainnya. Bisa dibayangkan bagaimana sedikitnya waktu buat berkumpul bersama keluarga.

Saya merasakan banyak waktu bersama dengan istri saat kemarin menjalani perawatan di PKU pasca operasi sesar. Alhamdulillah kami dikaruniai putri pertama yang cantik dan sehat. Saya mengambil cuti 4 hari dengan persetujuan langsung dari Pimpinan, walaupun HRD tidak menyetujui. Saya nekat? Iya. Pimpinan memang menyarankan saya untuk ambil cuti karena itu adalah hak saya. Kata HRD sih, yang melahirkan kan istri saya, bukan saya, jadi ga bisa ambil cuti.. WTF.. Saya kan mengambil hak saya. Bukan mencuri.

Saya tidak habis pikir dengan alasan konyol itu. Membuat saya termangu cukup lama. What so ever.. Pimpinan sudah setuju, ya saya nikmati saja cuti saya. Tapi saya masih mikirin juga dan jadi bertanya dalam hati. Bagaimana jika istrinya melahirkan? Apakah akan ditinggal begitu saja? Ups.. itu sudah urusannya dia, bukan area saya.. So.. silahkan saja..

Keluarga bagi saya merupakan prioritas utama, alasannya singkat dan jelas. Kalau kehidupan keluarga/rumah tangga baik, tentu saya bisa fokus ke pekerjaan, sebaliknya kalau tidak, di tempat kerja ga bakalan bisa konsen, pekerjaan ga selesai..

Apakah keluarga juga menjadi prioritas utama Anda juga?

Tinggalkan Balasan

