Imunisasi DPT, Nisa Panas

Rabu (09/05/2007) kemarin, Nisa di-imunisasi DPT dan Polio di PKU Muhammadiyah Solo. Saat imunisasi Nisa hanya ditemani oleh ibunya, sedangkan bapaknya musti kerja😦

Untung tidak antri, jadi bisa segera disuntik dan pulang. Oleh petugas dibawakan obat penurun panas berbentuk puyer.. wedew.. mesti pahit nih. Sampai di rumah sampai dengan sore sekitar jam 5 sering banget nangis dan badannya panas. Pas saya pulang dari kantor, Nisa sudah tidak menangis dan ketika saya sapa malah ngomong pake bahasanya dia yang saya ga mudheng.. Kata ibunya sih, Nisa lagi mengadu sama Bapaknya.. hehehehe😀

Lepas maghrib, mulai menangis lagi, diteteki ngga mau dan badannya masih tetep panas. Akhirnya diminumi puyer penurun panas saja, dan sambil digendong, Nisa mulai tenang dan bobo. Karena sudah lama digendong, maunya ditidurkan saja di kasur, eh ternyata Nisa bangun dan menangis lagi. Untung ada Neneknya yang menawarkan diri untuk menggendong, jadilah ibunya bisa merebahkan diri untuk melepaskan penat. Nah, waktu mau ditidurkan di kasur lagi, eh Nisa bangun, ya sudah akhirnya dikembalikan ke ibunya dan akhirnya bobo dan tidak bangun saat ditidurkan di kasur.

Sambil menunggu perkembangan, istri saya tidur dan saya berusaha untuk terjaga. Saat diraba dahinya sudah tidak panas, tetapi telapak tangan dan tengkuk masih panas. Ya sudah yang penting sudah bisa bobo tenang. Tidak berselang lama, Nisa bangun, tetapi tidak menangis dan mulai teriak-teriak.. dan.. Yak, ekspresi wajahnya menunjukkan kalau mau BAB dan ternyata benar.. dua kali lagi..

Habis itu Nisa bisa bobo tenang sampai pagi, walaupun bangun-bangun untuk minum. Pagi tadi sudah bisa senyum-senyum dan tertawa-tawa.😀 … tetapi kata istri saya sih tetap panas.. semoga segera reda ya..

Bulan depan Imunisasi DPT lagi. Semoga tidak begitu panas ya..

Oh ya, walaupun efek dari DPT panas (katanya ada yang tidak mengalami panas, bahkan ada imunisasi DPT yang tidak bikin panas – tapi mahal), JANGAN PERNAH MENOLAK IMUNISASI!!!.

Catatan: Imunisasi + obat penurun panas di PKU Muhammadiyah Solo gratis, hanya bayar pendaftaran Rp 2.000,-

7 Tanggapan to “Imunisasi DPT, Nisa Panas”

  1. edratna Says:

    Ada ibu2 yang ngajari…agar anak kalau demam tak terlalu tinggi, yang bisa menyebabkan step (kejang), maka berikan minuman yang dibuat dari: kunir diparut, diperes, ditambah madu…jadikan sesendok makan, berikan pada bayi seminggu dua kali. Alhamdulillah anakku kalau demam ga terlalu tinggi.

    Tiap anak berbeda-beda…anak saya yang pertama tiap kali imunisasi demam, rewel sampai ga tidur semalaman. Pas anak kedua, udah siap2 nih…ehh ternyata sang bayi nyenyak tidurnya.

  2. Arief Fajar Nursyamsu Says:

    Terima kasih tips-nya Bu Ratna.
    Alhamdulillah demamnya kemarin tidak terlalu lama dan sudah ceria seperti semula..
    Nisa masih ada DPT II dan III.
    Semoga tidak demam nanti ya.

  3. Mama lena Says:

    Anak sy bru m imunisasi dpt bln dpan,tp rsanya udh deg2an dr skr krn tkut dy dmam. Mklum sy mama bru n cm b2 sma suami d rmh,kluarga smuanya d jawa sdgkan sy ikut suami dinas d gorontalo. Tp sy sdh bca2 tips dr mama2 yg anakx udh d imunisasi. Jd,smg z ntr sy g tll khwtr pas anak sy dmam abs imunisasi:-).

  4. Mama Naya Says:

    anak saya suntik DPT pd usia 5 bln, awalnya kita bangga & senang krn pagi hr disuntik Naya sampe sore msh tenang2 aja dan panas tp hanya di bagian kepala, Naya hanya kliatan lesu tp tdk rewel. menjelang malam, panas lg dan kini merata seluruh badan. saat mulai tidur lgsg di kasur, ttp sering terjaga dan sll minta susu bhkan hampir2 gak berenti lg minumnya. jam 3.30 pg, Naya nangis dan gak mau tdr lg, akhirnya digendong oleh bpknya. saat mau di taruh nangis lg, hal ini sampe 2x, akhirnya sampe pg ku gendong terus . duh.. kasian anakku. kenapa DPT mesti panas ya?

  5. Michael Fransisco Tomarere "Girsang" Says:

    Bayi kami Vincenzo namanya..umurnya besok akan tepat 3bulan..2 hari yang kami antar ke dokter anak langganan kami untuk imunisasi DPT,kami ambil yang seharga Rp.320.000 katanya kalo yang ini yg gak panas..namun nyatanya sejak kemarin hingga skrg Vinz masih tetap badannya hangat,rewel dan selalu minta digendong mama atau papanya….
    Iya kenapa DPT harus panas ya?padahal kami ngambil yang tidak panas…

  6. Rizqy Says:

    Anak sy kmrn imunisasi DPT umurnya 59 hr. Sbg orgtua, tentu khawatir jika anak mengalami panas. Apalagi skrg kami sdg pulang kampung, tentu bnyk keterbatasan bantuan kesehatan. Alhamdulillah semalam badannya sama sekali tdk panas, pdhal imunisasinya cuma di puskesmas di desa tetangga. Jika ada info kesehatan, tlg berbagi dg sy di ktblpg@gmail.com. Tentang pemakaian puyer utk balita, sepertinya perlu dihindari. Kalo gk salah dulu pernah tayang di tv tentang bahaya penggunaan puyer bagi balita.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: