Kapan Harus Ber-Aqiqah?

Beberapa waktu yang lalu, saya dan istri berniat, jika memperoleh rejeki akan meng-aqiqahkan Nisa. Dulu Nisa belum di-Aqiqah karena memang belum ada rejeki waktu itu. Dan memang rejeki itu akhirnya datang. Alhamdulillah.

Tetapi Alloh mempunyai rencana lain. Kakak ipar saya yang berencana ke Jakarta ternyata lupa untuk membawa oleh-oleh yang sudah disiapkan, sehingga jadilah Bapak saya mengantarkan oleh-oleh itu ke Solo untuk Nisa. Saat Bapak datang, saya sampaikan kalau ingin meng-aqiqah Nisa. Tetapi Bapak ternyata punya pendapat lain. Kalau sudah bukan di hari ke-7 tidak di-aqiqah lagi, karena aqiqah itu menyembelih sembelihan di hari ketujuh sejak kelahiran.

Wah, saya tidak puas dengan jawaban ini, sehingga mencari-cari sumber referensi, di internet, tanya sana sini, dan menunjukkan bahwa ada hadist yang menyampaikan bahwa Aqiqah bisa dilakukan pada hari ke-7, ke-14, ke-21 atau setelah tua. Saya coba cari referensi di layanan-layanan Aqiqah online dan menemukan memang bisa dilakukan setelah hari ke-7.

Akhirnya saya dan istri sepakat untuk menunda dulu apa yang kami rencanakan sambil menunggu kemantapan hati.

Selang beberapa waktu, saya sekeluarga pulang ke rumah orang tua di Klaten. Bapak memberikan saya sebuah brosur dari pengajian yang mengupas tentang Aqiqah. Alhamdulillah setelah membaca brosur, saya memperoleh pencerahan tentang Aqiqah dan memantapkan hati untuk tidak melakukan aqiqah untuk Nisa.

Terima kasih Yaa Alloh atas pentunjuk-Mu.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan referensi-nya, silahkan mendownload sendiri dari website MTA (Majelis Tafsir Al-Qur’an) melalui link ini.

5 Tanggapan to “Kapan Harus Ber-Aqiqah?”

  1. Dewi Says:

    Setau saya manusia itu harus di aqiqah kan, jadi kapanpun waktunya kalo ada rejeki ya harus beraqiqah…allah itu maha mulia…jadi tidak ada aturan yg menjelaskan bahwa aqiqah itu tidak boleh dilaksanakan jika harinya sudah lewa dari 7, 21, dst…anak saya baru saya aqiqahkan setelah SD kelas 6

  2. mr.aqiqah Says:

    PROMO HEBOH Kambing Rp 588 Rb dari NIKMAT AQIQAH. PALING LARIS. Hanya dengan Rp 588 Rb Anda dapat menunaikan ibadah aqiqah. Kambing memenuhi syarat & sesuai Syar`i. GRATIS Antar Surabaya, Gresik & Sidoarjo *. Juga menyediakan berbagai makanan olahan kambing siap saji. BURUAN PESAN SEGERA !!! Promo s.d 31 Oktober 2008. Hotline : 031.725.11.000; 031.5666.466.

  3. sanggita Says:

    Saya baru mau menga-aqiqah putri kedua hari minggu besok. Usianya 4 bulan. Anyway, terimakasih referensinya, Pak

  4. Jauhary Says:

    Alhamdulillah, semoga Allah memberikan pahala berlimpah, karena telah ikut andil memberikan jalan keluar bgi saudar Muslim lainnya.
    Karena banyak juga dari umat Islam yang belum tahu jalan keluarnya bila mengahdapi masalah ini. Contohnya saya sendiri.
    Saya saat ini InsyaAllah ingin meng-aqiqahi anak saya yang ke 3.
    Dan Ilmu/ tuntunan mengenai hal ini saya sangat minim.

    Jazakumulah

    Jauhary

  5. jepara furnishing Says:

    ketika ku tahu,,, arti aqiqah,,,! ternyata setelah kutanyakan ma ayahku, beliau jawab: kamu udah di aqikah saat kamu berumur 40 hari…. dari kelahiran kamu.


Tinggalkan Balasan

